STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA ALAM AIR TERJUN SING-SING DI DESA TEMUKUS KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Ni Wayan Sukerti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Masdarini
  • Ni Komang Tenny Aprillia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data terkait dengan strategi pengembangan daya tarik wisata alam Air Terjun Sing-Sing di Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threats). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan 3 tahapan pengembangan yang terdiri dari tahapan penjajakan (exploration), tahapan keterlibatan (involvement), serta tahapan pengembangan dan pembangunan (development) dapat dirumuskan empat alternatif strategi pengembangan daya tarik wisata alam Air Terjun Sing-Sing yaitu 1.Strategi S-O yang terdiri dari (melestarikan sumber daya alam yang ada di kawasan Air Terjun Sing-Sing, membuat paket wisata tour dan edukasi, mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan melakukan promosi yang lebih intensif terhadap daya tarik wisata alam Air Terjun Sing-Sing melalui media sosial dan internet). 2.Strategi W-O meliputi (menggandeng pihak Pemerintah Desa dan Kabupaten dalam pengembangan daya tarik wisata baik dalam pengelolaan maupun pengembangan sarana dan prasarana wisata, serta memberikan pelatihan– pelatihan kepada masyarakat lokal maupun stakholders terhadap pengembangan daya tarik wisata alam Air Terjun Sing-Sing). 3.Strategi S-T meliputi (membuat papan tanda atau rambu-rambu peringatan bagi wisatawan yang  berkunjung guna menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada di daya tarik wisata alam Air Terjun Sing-Sing, meningkatkan faktor keamanan bagi para wisatawan, dan membuat tempat foto selfie yang dikemas dengan menarik serta hiasan yang unik). 4.Strategi W-T meliputi (bekerjasama dengan para investor swasta, dan meningkatkan program-program pembangunan dan inovasi yang baru terkait dengan daya tarik wisata alam Air Terjun Sing-Sing).

Downloads

Published

2022-07-30