ANALISIS KOMPETENSI GURU TEKNIK OTOMOTIF DI SMK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN KEPADA SISWA

Authors

  • Gede Widayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Arya Wigraha Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Edi Agus Juni Artha Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i1.53597

Abstract

Dalam upaya membantu  murid untuk mencapai tujuan, maka guru harus memaksimalkan peran  sebagai guru yang berkompeten. Peran sebagai guru kompeten diantaranya  mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, meningkatkan kemampuan  siswa untuk menyimak pelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran  yang tepat. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian,sosial, dan profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Peningkatkan kompetensi dan jumlah tenaga pendidik sangat relevan untuk dilaksanakan mengingat jumlah guru yang berkompeten di SMK masih sangat kurang. Masalah ini perlu segera dipecahkan mengingat  program nasional revitalisasi SMK  adalah mencetak guru yang kompeten dalam bidang keahliannya yang ditandai dengan ijazah dan sertifikat kompetensi keahlian. Guru yang kompeten harus  mempunyai sertifikat kompetensi keahlian. Program peningkatan kompetensi yang dilaksanakan Kemendikbud ini berupa diklat, dimana tujuannya untuk membekali guru dengan pengetahuan dan ketrampilan  sehingga mereka nantinya dapat menjadi guru yang memiliki kompetensi keahlian tertentu .

Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu  deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru di SMKN 3 Bangli khususnya guru dengan kompetensi keahlian otomotif. Instrumen dalam penelitian ini akan dilakukan dengan proses  wawancara , observasi dalam mengajar, dan studi dokumen. Data didapatkan dari hasil wawancara,observasi dan studi dokumen  yang dapat menjawab pertanyaan pada fokus penelitian yang diantaranya terkait kompetensi guru dalam mengajar bidang keahliannya . Data dianalisis intepretatif dimana  dikumpulkan, ditranskripsi dan diintepretasi kemudian dibandingkan  dengan data awal saat wawancara .

Hasil penelitian adalah guru yang mempunyai kompetensi keahlian  memiliki kemampuan mengajar yang baik kepada siswa dan Kompetensi Siswa memberikan penilaian sangat baik dalam memahami dan mengerti apa yang diajarkan guru.

Downloads

Published

2023-01-30