ANALISIS KOMPETENSI GURU TEKNIK OTOMOTIF DI SMK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN KEPADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i1.53597Abstract
Dalam upaya membantu murid untuk mencapai tujuan, maka guru harus memaksimalkan peran sebagai guru yang berkompeten. Peran sebagai guru kompeten diantaranya mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian,sosial, dan profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Peningkatkan kompetensi dan jumlah tenaga pendidik sangat relevan untuk dilaksanakan mengingat jumlah guru yang berkompeten di SMK masih sangat kurang. Masalah ini perlu segera dipecahkan mengingat program nasional revitalisasi SMK adalah mencetak guru yang kompeten dalam bidang keahliannya yang ditandai dengan ijazah dan sertifikat kompetensi keahlian. Guru yang kompeten harus mempunyai sertifikat kompetensi keahlian. Program peningkatan kompetensi yang dilaksanakan Kemendikbud ini berupa diklat, dimana tujuannya untuk membekali guru dengan pengetahuan dan ketrampilan sehingga mereka nantinya dapat menjadi guru yang memiliki kompetensi keahlian tertentu .
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru di SMKN 3 Bangli khususnya guru dengan kompetensi keahlian otomotif. Instrumen dalam penelitian ini akan dilakukan dengan proses wawancara , observasi dalam mengajar, dan studi dokumen. Data didapatkan dari hasil wawancara,observasi dan studi dokumen yang dapat menjawab pertanyaan pada fokus penelitian yang diantaranya terkait kompetensi guru dalam mengajar bidang keahliannya . Data dianalisis intepretatif dimana dikumpulkan, ditranskripsi dan diintepretasi kemudian dibandingkan dengan data awal saat wawancara .
Hasil penelitian adalah guru yang mempunyai kompetensi keahlian memiliki kemampuan mengajar yang baik kepada siswa dan Kompetensi Siswa memberikan penilaian sangat baik dalam memahami dan mengerti apa yang diajarkan guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)