VILANETS: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i1.55087

Abstract

Pembelajaran jaringan komputer melibatkan teori dasar dan banyak konsep abstrak di dalamnya. Praktikum merupakan cara untuk mengaplikasikan teori yang didapat. Namun, praktikum jaringan komputer membutuhkan perangkat yang mahal, waktu lama, dan kolaborasi dalam bekerja. Hal ini tidak mungkin dilakukan pada laboratorium fisik. Diperlukan media pembelajaran virtual yang mengadopsi model simulasi sehingga dapat menterjadikan praktikum. Media-media pembelajaran terdahulu ternyata belum menyelesaikan masalah yang terjadi di lapangan. Tujuan artikel ini adalah menelaah inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam praktikum jaringan komputer selama satu dekade terakhir untuk melihat aspek-aspek inovatif yang sudah dan belum dilakukan. Metode yang digunakan adalah mengkaji literatur serta menelaah hasil kajian secara komprehensif. Hasil yang didapat, ada tiga aspek yang harus dipenuhi yakni ketersediaan, aksesibilitas, dan skalabilitas dalam media pembelajaran jaringan komputer. Ketiga aspek tersebut digunakan dalam acuan melakukan proses inovasi sehingga melahirkan gagasan media pembelajaran Vilanets yang pada prosesnya mengandung unsur-unsur manajemen inovatif.

Downloads

Published

2023-01-30