KUNCI MAGNETIS DENGAN SINYAL DTMF BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

Authors

  • Ketut Udy Ariawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6476

Abstract

Keinginan untuk mengamankan suatu barang atau suatu tempat yang bersifat pribadi sehingga menjamin keamanan privasi kita, maka diperlukan suatu peralatan yang tidak dapat diakses oleh orang lain sehingga yang memiliki akses hanya yang dapat menggunakannya saja. Hal ini terjawab dengan adanya kunci elektronik dengan password atau sandi, tetapi hal ini tidaklah efisien apabila kita lupa nomor sandi sehingga kita sering mengalami kesulitan.Kunci magnetis dengan sinyal DTMF berbasis mikrokontroler AT89C51 merupakan kunci elektronik magnetis menggunakan sistem sinyal DTMF yang berfungsi sebagai kunci pengaman untuk suatu ruangan tanpa harus mengingat password atau sandi.

Perancangan dan pembuatan sistem ini berdasarkan pada gagasan untuk mendapatkan suatu sistem yang otomatis, aman dan efektif dalam penggunaannya yang kemudian diaplikasikan pada sistem pembuka pintu, sehingga akan mempermudah proses penguncian dan membuka atau menutup pintu secara otomatis. Untuk merealisasikan sistem tersebut tentu saja tidak dimungkinkan untuk membuat alat sesungguhnya yang bisa langsung digunakan, namun dengan mengambil prinsip yang sama alat yang dibuat dibatasi pada ukurannya sehingga dihasilkan alat miniatur (lebih kecil) dari ukuran sesungguhnya. Dalam perancangan suatu sistem yang otomatis diperlukan suatu sistem kontrol yang mampu memproses setiap masukan menjadi keluaran yang sesuai dengan yang diharapkan, oleh sebab itu perancangan menggunakan sistem yang dapat diprogram, yaitu mikrokontroler AT89C51 sebagai komponen kontrol utama.

Berdasarkan hasil pengujian rangkaian sensor kartu, rangkaian switch sebagai pendeteksi (sensor) pintu, rangkaian penggerak relay, rangkaian dekoder DTMF, rangkaian pre-amp kartu magnetis, dan pengisian data DTMF pada kartu, maka alat yang dibuat dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya

Downloads

Published

2015-07-30