TEKNOLOGI MOTOR BAKAR BENSIN UNTUK MENCAPAI PERSYARATAN BATAS MAKSIMAL POLUSI DAN EFISIENSI PEMAKAIAN BAHAN BAKAR BENSIN

Authors

  • Nyoman Arya Wigraha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6479

Abstract

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa semakin lama semakin meningkatnnya jumlah kendaraan bermotor yang beredar, baik itu kendaraan roda empat,  dan yang mengalami peningkatan cukup tinggi adalah kendaraan bermotor roda dua. Di sini diharapkan kendaraan bermotor yang di produksi menggunakan teknologi untuk memenuhi persyaratan batas maksimal dari polusi yang ditimbulkan pada gas buang.  Setiap pemakai kendaraan bermotor baik itu roda empat maupun roda dua tentunya  mengharapkan dapat memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar. Pengoperasian kendaraan oleh pemakai biasanya tidak akan mencapai hasil yang sama untuk segala kondisi pengoperasian, misalnya pengoperasian  kendaraan pada kecepatan penuh sangat berbeda dengan kendaraan yang dioperasikan di dalam kota yang sering berhenti. Hal ini sangat menentukan pemakaian bahan bakar. Pengaturan pencampuran dan masuknya bahan bakar ke dalam silinder perlu dibedakan, antara operasi beban penuh dan operasi beban rendah atau menengah. Keadaan lingkungan yang makin menguatirkan, disebabkan oleh polusi udara dari kendaraan bermotor, mewajibkan para perencana dan produsen kendaraan bermotor untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah dan lembaga pengawas lingkungan. Standar yang disusun menuju pada suatu kondisi di mana kadar komponen-komponen gas buang yang beracun dan membahayakan kesehatan manusia, dibuat seminimal mungkin dan diusahakan mendekati nol. Agar tuntutan tersebut dapat dipenuhi, telah banyak dilakukan perubahan desain kendaraan bermotor. Beberapa contoh di antaranya yaitu menggunakan material yang lebih ringan, mengganti sistem penyemprotan bahan bakar, mengubah ketinggian pembukaan katup silinder dan waktu mulai buka dan lamanya pembukaan.

Downloads

Published

2015-07-30