HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT WIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Ni Made Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v12i2.6480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 3 Singaraja dan (2) hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan minat wirausaha siswa SMK Negeri 3 Singaraja.

Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang berjenis korelasi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan kelas XII SMK Negeri 3 Singaraja.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 1.126 orang siswa.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 285 orang siswa yang dipilih dengan teknik tabel Krejcie dan Morgan dan simple randaom sampling.Data dalam penelitian ini adalah data nilai atau prestasi belajar dan data minat wirausaha siswa. Data nilai siswa dikumpulkan dengan cara mengumpulkan data skunder, yaitu mengumpulkan data yang sudah ada di sekolah dan data minat wirausaha dikumpulkan dengan angket minat wirausaha. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi dan regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 3 Singaraja memiliki nilai siswa diatas rata-rata, yaitu 84,267 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara nilai kewirausahaan dengan minat wirausaha (8,180, p < 0,05). Nilai korelasi hitung antar variabel adalah 0,152.Hal ini menunjukkan sudah signifikan karena rhitung > rtabel. Persamaan regresi dari penelitian ini adalah Y = 155,648 + 0,714X.

Berdasarkan temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki nilai atau prestasi belajar kewirausahaan tinggi belum tentu mempunyai minat berwirausaha tinggi.

Downloads

Published

2015-07-30