PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PESERTA DIDIK BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PRAKTIKUM SENI RUPA 2 DIMENSI DI SMK

Authors

  • Prengki Gito Sudarsono Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Widiartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Sudirtha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i2.64947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode penilaian praktikum seni rupa 2D peserta didik dengan menggunakan performance assessment berbasis profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X jurusan akuntansi dan perhotelan di SMKN 2 Seririt yang terdiri dari 175 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan pertama observasi, kedua wawancara, dan setelah mengetahui apa yang terjadi disekolah terkhusus proses penilaian praktikum siswa, lalu ketiga, dilakukan pengumpulan data hasil praktikum peserta didik. Instrumen yang dikembangkan untuk menilai praktikum siswa terdiri dari 12 butir. Instrumen yang dikembangkan ini menurut ahli (judges) sangat relevan dan berdasarkan hasil validitas dan realibilitas instrumen menyatakan bahwa instrumen yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata r hitung 0,5 apabila dipersenkan ke 12 butir instrumen performance assesment tersebut valid 100% dan sangat reliabel atau kereablititasannya sangat tinggi yaitu 0,8. Sehingga instrumen ini bisa digunakan oleh guru seni budaya dalam menilai praktikum peserta didik dengan objektif dan instrumen ini bisa dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan guru.

Downloads

Published

2023-07-30