PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PESERTA DIDIK BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PRAKTIKUM SENI RUPA 2 DIMENSI DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i2.64947Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode penilaian praktikum seni rupa 2D peserta didik dengan menggunakan performance assessment berbasis profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X jurusan akuntansi dan perhotelan di SMKN 2 Seririt yang terdiri dari 175 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan pertama observasi, kedua wawancara, dan setelah mengetahui apa yang terjadi disekolah terkhusus proses penilaian praktikum siswa, lalu ketiga, dilakukan pengumpulan data hasil praktikum peserta didik. Instrumen yang dikembangkan untuk menilai praktikum siswa terdiri dari 12 butir. Instrumen yang dikembangkan ini menurut ahli (judges) sangat relevan dan berdasarkan hasil validitas dan realibilitas instrumen menyatakan bahwa instrumen yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata r hitung 0,5 apabila dipersenkan ke 12 butir instrumen performance assesment tersebut valid 100% dan sangat reliabel atau kereablititasannya sangat tinggi yaitu 0,8. Sehingga instrumen ini bisa digunakan oleh guru seni budaya dalam menilai praktikum peserta didik dengan objektif dan instrumen ini bisa dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)