PENGATURAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA PADA PENGGERAK MOBIL LISTRIK

Authors

  • Muhammad Sholahudin Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Kadek Reda Setiawan Suda D3 TEKNIK ELEKTRONIKA, POLITEKNIK NASIONAL

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i2.65705

Abstract

Motor induksi 3 fasa memiliki karakteristik yang tidak linier karena dipengaruhi oleh nilai resistansi rotor yang sering berubah sehingga memiliki kecepatan yang tidak konsisten, sehingga diperlukan sebuah metode kontrol yang lebih mudah seperti pada karakteristik motor DC yang linier, pengaturan yang diterapkan pada sebuah motor induksi memiliki 2 metode yaitu metode skalar dan metode vektor, dimana pada penelitian ini akan menggunakan salah 1 cabang dari metode vektor yaitu Field Oriented Control (FOC) yang berorientasi pada fluks medan pada rotor secara tidak langsung atau yang sering disebut dengan Indirect Field Oriented Control (IFOC). Metode pengontrolan sistem yang dipakai pada penelitian ini menggunakan PIDFuzzy yang akan diterapkan pada IFOC. Kontrol PID dapat digunakan untuk melakukan perbaikan pada sistem agar memiliki nilai yang sesuai dengan keinginan dan kontrol Fuzzy yang dibuat berdasar intuisi manusia dapat digunakan untuk mengetahui aturan yang diterapkan pada sistem, Penelitian ini dilakukan pada aplikasi matlab dimana PIDFuzzy sendiri dibuat untuk dapat mencapai nilai sistem dengan aturan yang sudah dibuat, hasil performa yang didapat pada kecepatan 200 rpm dengan dan tanpa beban memiliki rata rata keunggulan performa sebesar 39.12%, pada kecepatan 500 rpm memiliki  rata rata keunggulan performa sebesar 32.46%, pada kecepatan 1000 memiliki keunggulan tanpa beban sebesar 20%

Downloads

Published

2023-07-30