PENDEKATAN METAKOGNISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM AC

Authors

  • Juliar Rizky Austin Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Imam Agung Universitas Negeri Surabaya
  • Subuh Isnur Haryudo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i2.73322

Keywords:

Metakognisi, Model PBL, Hasil belajar pengetahuan

Abstract

Penelitian ini memberikan suatu pendekatan metakognisi melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada XI TKR SMK Negeri 7 Surabaya dengan mata pelajaran sistem AC dengan jumlah sebanyak 30 peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh (1) peserta didik masih sering merasa bosan saat pembelajaran, (2) keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan (3) peningkatan hasil belajar. Dari perolehan tersebut maka dapat disimpulkan bahwasanya perlu adanya peremajaan dalam model pembelajaran yang selama ini diterapkan sehingga didapatkan peserta didik bisa lebih aktif dari pembelajaran yang sebelumnya. Metakognisi termasuk kemampuan diri sendiri dalam memproses suatu informasi kemudian mengimplementasikannya sesuai dengan kemampuan yang diinginkan atau dirasa sanggup untuk dilakukan. Untuk model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sangat cocok digunakan untuk sekolah kejuruan karena mampu merangsang cara kerja peserta didik secara sistematis dan terstruktur. Penelitian ini menghasilkan peningkatan dalam proses metakognisi peserta didik ditunjukkan dengan presentase siklus 1 dengan indikator planing 74,5%, monitoring 72,708%, dan evaluasi 80% untuk siklus 2 dengan indikator planing 82,5%, monitoring 81,042%, dan evaluasi 80,83% untuk hasil belajar pada siklus 1 pengetahuan dengan rata-rata 75,23 dan keterampilan 79,33 kemudian hasil belajar di siklus 2 pengetahuan dengan rata-rata 80,6 dan keterampilan 81,26. Hal ini menjelaskan bahwa pendekatan metakognisi dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa.

References

I. Nyoman Tri Adi Putra, N. Sugihartini, and D. Seri Wahyuni, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning in Flipped Classroom Berbasis Media Rumah Belajar Terhadap Prestasi Belajar Simulasi Digital,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 18, no. 1, pp. 11–21, 2021.

C. Kharisma, “Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Smk Piri Sleman Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 3, no. 1, pp. 47–64, 2020, doi: 10.21831/jpvo.v3i1.34974.

E. Wildeman, M. Koopman, and D. Beijaard, “Content and language integrated learning in technical vocational education: teachers’ practical knowledge and teaching behaviour,” J. Vocat. Educ. Train., vol. 75, no. 3, pp. 479–500, 2023, doi: 10.1080/13636820.2021.1899269.

P. A. Anggelina, R. A. Darman, and B. N. Nurdin, “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus Smk Negeri 1 Kinali,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 151–162, 2023, doi: 10.52060/pti.v4i2.1392.

R. Setia and D. Nasrudin, “School Management : the Optimization of Learning,” Sch. Manag. Optim. Learn. Facil. To Improv. Qual. Vocat. Sch., vol. 10, no. 2, pp. 150–158, 2020.

M. Z. Sumardi, A. Sujarwo, and A. Rusdiani, “Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun,” vol. 02, no. 02, pp. 257–267, 2023.

J. H. Prijanto and F. De De Kock, “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 11, no. 3, pp. 238–251, 2021.

M. Solikhin, “Implementasi Model Pembelajaran Arcs (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (Pdto) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkr a Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Nasional,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 3, no. 1, pp. 73–84, 2020, doi: 10.21831/jpvo.v3i1.34990.

M. R. Baziat, I. A. Nugroho, G. Handayani, and ..., “Improving Student Learning Outcomes through the Numbered Head Together Learning Model on Always Saving Energy Material Grade IV Elementary School,” Int. J. …, pp. 78–84, 2024, [Online]. Available: https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/5255

A. Monks, “Adapted PBL practical exercises: Benefits for apprentices,” J. Vocat. Educ. Train., vol. 62, no. 4, pp. 455–466, 2010, doi: 10.1080/13636820.2010.533789.

H. L. Lelapary, “The Influence of The Problem-Based Learning (PBL) Model on The Level of Reasoning Ability,” J. Innov. Educ. Cult. Res., vol. 3, no. 2, pp. 271–278, 2022, doi: 10.46843/jiecr.v3i2.111.

M. Kim, “Analysis on Factors for Prior Evaluation of PBL Class Using IPMA,” J. Probl. Learn., vol. 9, no. 2, pp. 70–76, 2022, doi: 10.24313/jpbl.2022.00185.

Syamsuri and Mia Aprilia, “Kemampuan Metakognitif Siswa SMK dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 3, pp. 863–872, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i3.2573.

F. Fuldiaratman, M. Minarni, and I. S. Pamela, “Keterampilan Metakognitif Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Peserta Didik Ekstrovert,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 15, no. 2, pp. 2897–2906, 2021, doi: 10.15294/jipk.v15i2.30744.

R. R. Putri and R. Susanto, “Upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model two stay two stray,” JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones., vol. 8, no. 1, p. 111, 2023, doi: 10.29210/30033106000.

Winarti, S. E. Ambaryani, and H. Putranta, “Improving Learners’ Metacognitive Skills with Self-Regulated Learning based Problem-Solving,” Int. J. Instr., vol. 15, no. 2, pp. 139–154, 2022, doi: 10.29333/iji.2022.1528a.

R. Despita and M. Makmur, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia,” J. Pendidik. dan Profesi Kegur., vol. 1, no. 2, p. 155, 2022, doi: 10.59562/progresif.v1i2.29956.

Downloads

Published

2024-07-30