STRATEGI PROMOSI DESA WISATA SUDAJI BERBASIS PLATFORM DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i1.74919Keywords:
Desa Wisata, Promosi, Platform DigitalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi yang kemudian disampaikan secara deskriptif kualitatif. Kepala Desa Sudaji, Ketua Desa Wisata Sudaji, Pokdarwis Desa Wisata Sudaji, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Warga Desa Sudaji dan Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Sudaji menjadi sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital sebagai berikut : (1) Website telah memenuhi 6 dari 11 aspek pengamatan, strategi yang perlu ditingkatkan pada website Desa Wisata Sudaji berupa membentuk tim pengelola website, mempublikasikan informasi terkait aktivitas, daya tarik wisata, local wisdom atau tradisi, jadwal event dan fasilitas pariwisata yang ada; (2) Social media marketing sudah memenuhi 6 dari 9 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah berupa pembentukan tim pengelola social media marketing dan memperhatikan aspek context, communication dan connection pada pembuatan konten di social media marketing Desa Wisata Sudaji; (3) Online advertising belum diterapkan, sehingga pengelola perlu melakukan perancangan anggaran promosi untuk Desa Wisata Sudaji; (4) Video marketing baru memenuhi 1 dari 7 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah meningkatkan kreatifitas pembuatan video marketing, dan meningkatkan konsistensi dalam memproduksi dan mempublikasikan video marketing Desa Wisata Sudaji.
Kata kunci: Desa Wisata, Promosi, Platform Digital
References
A. Wirdayanti et al., “Pedoman Desa Wisata,” p. 1 s.d 96, 2021, [Online]. Available: https://www.ciptadesa.com/2021/06/pedoman-desa-wisata.html
CNN Indonesia, “Hikayat Ratusan Desa Wisata Bali: Ada yang Maju, Banyak yang Stagnan,” 2023. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230126151812-269-905261/hikayat-ratusan-desa-wisata-bali-ada-yang-maju-banyak-yang-stagnan (accessed Feb. 14, 2023).
D. Noviyanti, “STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI MAKAM SYEKH SURGI MUFTI Devi Noviyanti UIN Antasari Banjarmasin,” vol. 17, no. 34, pp. 90–118, 2018.
D. C. Mulyani, P. Pujiyanto, and R. Nurfitri, “Perancangan Video Pariwisata Kawah Wurung Bondowoso Sebagai Media Promosi,” MAVIS J. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 01, pp. 20–25, 2020, doi: 10.32664/mavis.v2i01.479.
Y. Trianita and A. D. Larasati, “Strategi Integrated Marketing Communication Pada Objek Wisata Pulau Pari Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan,” J. Broadcast. Commun., vol. 3, no. 2, pp. 28–38, 2021, doi: 10.53856/bcomm.v3i2.221.
A. T. Azzahra and U. D. E. Noviyanti, “Strategi Promosi Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kebupaten Ngawi Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Taman Wisata Tawun Ngawi,” J. Tour. Creat., vol. 6, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.19184/jtc.v6i1.27740.
W. N. & B. H. Martoyo Anang, “Srategi promosi desa wisata Tanjungjaya Kek Tanjung Lesung melalui platform digital,” J. valuasi J. Ilm. ilmu Manaj. dan kewirausahaan, vol. 2, no. 2, pp. 971–987, 2022.
I. Ayesha et al., Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). 2022.
Muntoha, Jamroni, and H. Tantria, “Pemanfaatan Situs Web Sebagai Sarana Promosi Desa Songbanyu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” Inov. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. September, p. 5, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7921/6931
D. Puspita Sari, R. Pratiwi Batubara, P. Studi Usaha Perjalanan Wisata, S. tinggi Pariwisata Bogor Jl Curug Mekar No, and K. Bogor, “Analisis Komponen Website Desa Wisata Cimande Sebagai Media Promosi Elektronik (E-Tourism) Component Analysis of Cimande Tourism Website As a Media for Electronic Promotion ( E-Tourism),” Sos. Hum., vol. Volume 12, no. 2550–0236, pp. 45–53, 2021.
N. U. Martaningtyas, “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Digital Marketing untuk Mencapai Kesuksesan dalam Berbisnis di Media Sosial Guna Memajukan Sektor UMKM,” Mbic, pp. 556–567, 2023.
W. F. Hidayat, P. T. Rapiyanta, and F. Shidiq, “Perancangan Website Desa Wisata Wukirsari Bantul Sebagai Media Promosi dan Pemesanan,” J. Infortech, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i1.7472.
R. P. Arinilhaq and E. Setiawan, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Obyek Wisata dan Seni Budaya di Jawa Barat,” Bandung Conf. Ser. Public Relations, vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.29313/bcspr.v2i2.4510.
P. B. Mardani and M. F. Christanti, “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Lokal Baros,” J. SOLMA, vol. 11, no. 3, pp. 630–636, 2022, doi: 10.22236/solma.v11i3.10160.
D. Sartika, I. Saluza, and R. Roswaty, “Pemanfaatan Social Advertising Sebagai Media Promosi Produk Puan Makanan Khas Palembang,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 4, no. 3, pp. 269–274, 2021, doi: 10.33330/jurdimas.v4i3.1148.
I. G. W. Lokantara and D. Mayasari, “Pengembangan Minat Berwisata melalui Produksi Konten Video Promosi Wisata Berbasis Digital di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah,” JAPI (Jurnal Akses Pengabdi. Indones., vol. 6, no. 2, pp. 153–162, 2021, doi: 10.33366/japi.v6i2.2827.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)