STRATEGI PROMOSI DESA WISATA SUDAJI BERBASIS PLATFORM DIGITAL

Authors

  • Ni Komang Ary Dharma Pertiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Sukerti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Masdarini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i1.74919

Keywords:

Desa Wisata, Promosi, Platform Digital

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi yang kemudian disampaikan secara deskriptif kualitatif. Kepala Desa Sudaji, Ketua Desa Wisata Sudaji, Pokdarwis Desa Wisata Sudaji, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Warga Desa Sudaji dan Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Sudaji menjadi sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital sebagai berikut : (1) Website telah memenuhi 6 dari 11 aspek pengamatan, strategi yang perlu ditingkatkan pada website Desa Wisata Sudaji berupa membentuk tim pengelola website, mempublikasikan informasi terkait aktivitas, daya tarik wisata, local wisdom atau tradisi, jadwal event dan fasilitas pariwisata yang ada; (2) Social media marketing sudah memenuhi 6 dari 9 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah berupa pembentukan tim pengelola social media marketing dan memperhatikan aspek context, communication dan connection pada pembuatan konten di social media marketing Desa Wisata Sudaji; (3) Online advertising belum diterapkan, sehingga pengelola perlu melakukan perancangan anggaran promosi untuk Desa Wisata Sudaji; (4) Video marketing baru memenuhi 1 dari 7 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah meningkatkan kreatifitas pembuatan video marketing, dan meningkatkan konsistensi dalam memproduksi dan mempublikasikan video marketing Desa Wisata Sudaji.

Kata kunci: Desa Wisata, Promosi, Platform Digital

References

A. Wirdayanti et al., “Pedoman Desa Wisata,” p. 1 s.d 96, 2021, [Online]. Available: https://www.ciptadesa.com/2021/06/pedoman-desa-wisata.html

CNN Indonesia, “Hikayat Ratusan Desa Wisata Bali: Ada yang Maju, Banyak yang Stagnan,” 2023. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230126151812-269-905261/hikayat-ratusan-desa-wisata-bali-ada-yang-maju-banyak-yang-stagnan (accessed Feb. 14, 2023).

D. Noviyanti, “STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI MAKAM SYEKH SURGI MUFTI Devi Noviyanti UIN Antasari Banjarmasin,” vol. 17, no. 34, pp. 90–118, 2018.

D. C. Mulyani, P. Pujiyanto, and R. Nurfitri, “Perancangan Video Pariwisata Kawah Wurung Bondowoso Sebagai Media Promosi,” MAVIS J. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 01, pp. 20–25, 2020, doi: 10.32664/mavis.v2i01.479.

Y. Trianita and A. D. Larasati, “Strategi Integrated Marketing Communication Pada Objek Wisata Pulau Pari Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan,” J. Broadcast. Commun., vol. 3, no. 2, pp. 28–38, 2021, doi: 10.53856/bcomm.v3i2.221.

A. T. Azzahra and U. D. E. Noviyanti, “Strategi Promosi Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kebupaten Ngawi Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Taman Wisata Tawun Ngawi,” J. Tour. Creat., vol. 6, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.19184/jtc.v6i1.27740.

W. N. & B. H. Martoyo Anang, “Srategi promosi desa wisata Tanjungjaya Kek Tanjung Lesung melalui platform digital,” J. valuasi J. Ilm. ilmu Manaj. dan kewirausahaan, vol. 2, no. 2, pp. 971–987, 2022.

I. Ayesha et al., Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). 2022.

Muntoha, Jamroni, and H. Tantria, “Pemanfaatan Situs Web Sebagai Sarana Promosi Desa Songbanyu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” Inov. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. September, p. 5, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7921/6931

D. Puspita Sari, R. Pratiwi Batubara, P. Studi Usaha Perjalanan Wisata, S. tinggi Pariwisata Bogor Jl Curug Mekar No, and K. Bogor, “Analisis Komponen Website Desa Wisata Cimande Sebagai Media Promosi Elektronik (E-Tourism) Component Analysis of Cimande Tourism Website As a Media for Electronic Promotion ( E-Tourism),” Sos. Hum., vol. Volume 12, no. 2550–0236, pp. 45–53, 2021.

N. U. Martaningtyas, “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Digital Marketing untuk Mencapai Kesuksesan dalam Berbisnis di Media Sosial Guna Memajukan Sektor UMKM,” Mbic, pp. 556–567, 2023.

W. F. Hidayat, P. T. Rapiyanta, and F. Shidiq, “Perancangan Website Desa Wisata Wukirsari Bantul Sebagai Media Promosi dan Pemesanan,” J. Infortech, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i1.7472.

R. P. Arinilhaq and E. Setiawan, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Obyek Wisata dan Seni Budaya di Jawa Barat,” Bandung Conf. Ser. Public Relations, vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.29313/bcspr.v2i2.4510.

P. B. Mardani and M. F. Christanti, “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Lokal Baros,” J. SOLMA, vol. 11, no. 3, pp. 630–636, 2022, doi: 10.22236/solma.v11i3.10160.

D. Sartika, I. Saluza, and R. Roswaty, “Pemanfaatan Social Advertising Sebagai Media Promosi Produk Puan Makanan Khas Palembang,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 4, no. 3, pp. 269–274, 2021, doi: 10.33330/jurdimas.v4i3.1148.

I. G. W. Lokantara and D. Mayasari, “Pengembangan Minat Berwisata melalui Produksi Konten Video Promosi Wisata Berbasis Digital di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah,” JAPI (Jurnal Akses Pengabdi. Indones., vol. 6, no. 2, pp. 153–162, 2021, doi: 10.33366/japi.v6i2.2827.

Downloads

Published

2024-01-30