STRATEGI PROMOSI DESA WISATA SUDAJI BERBASIS PLATFORM DIGITAL

Authors

  • Ni Komang Ary Dharma Pertiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Sukerti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Masdarini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i1.74919

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi yang kemudian disampaikan secara deskriptif kualitatif. Kepala Desa Sudaji, Ketua Desa Wisata Sudaji, Pokdarwis Desa Wisata Sudaji, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Warga Desa Sudaji dan Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Sudaji menjadi sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital sebagai berikut : (1) Website telah memenuhi 6 dari 11 aspek pengamatan, strategi yang perlu ditingkatkan pada website Desa Wisata Sudaji berupa membentuk tim pengelola website, mempublikasikan informasi terkait aktivitas, daya tarik wisata, local wisdom atau tradisi, jadwal event dan fasilitas pariwisata yang ada; (2) Social media marketing sudah memenuhi 6 dari 9 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah berupa pembentukan tim pengelola social media marketing dan memperhatikan aspek context, communication dan connection pada pembuatan konten di social media marketing Desa Wisata Sudaji; (3) Online advertising belum diterapkan, sehingga pengelola perlu melakukan perancangan anggaran promosi untuk Desa Wisata Sudaji; (4) Video marketing baru memenuhi 1 dari 7 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah meningkatkan kreatifitas pembuatan video marketing, dan meningkatkan konsistensi dalam memproduksi dan mempublikasikan video marketing Desa Wisata Sudaji.

Downloads

Published

2024-01-30