ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UBUD TRADITIONAL SPA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Ni Made Fortuna Ayu Wasanti Santi Undiksha
  • Made Diah Angendari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Sudirtha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i2.79154

Keywords:

Kualitas Pelayanan, SPA, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (1) Responsiveness (daya tanggap), (2) Assurance (jaminan), (3) Tangibles (bukti fisik), (4) Empathy (empati), (5) Reliability (keandalan) Ubud Traditional SPA secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, (6) Responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), tangibles (bukti fisik), empathy (empati) dan reliability (kehandalan) Ubud Traditional SPA secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis dan Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah Sampel yang didapatkan menggunakan perhitungan Slovin sebanyak 100 responden dengan teknik Accidental Sampling Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan program SPSS 24.. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) Responsiveness, (2) Assurance, (3) Tangibles, (4) Emphaty, (5) Reliability (Keandalan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (6) Responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), tangibles (bukti fisik), empathy (empati) dan reliability (kehandalan) Ubud Traditional SPA secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

References

Abdul Gofur. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Afriyanti, I. 2021. Innovation in Service Quality of SPA Services. Journal of Applied Accounting and Taxation, 6(1), 15–21.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayati, N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon dan SPA Muslimah di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Universitas Islami Riau.

Khusaini, A. 2015. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di SPA Club Arena Yogyakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. Fifteenth Edition. In Soldering & Surface Mount Technology (15th ed., Vol. 13, Issue 3). Pearson Education.

Krisnawati, S. N. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU No.64.751.15 Samarinda. E Journal Administrasi Bisnis https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.345

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–234.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L.L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4),41.https://doi.org/10.2307/1251430

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. I. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Retailing,64(1), 12–40. https://www.researchgate.net/publication/225083802

Rizky, E. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada VespaBox Kota Malang).

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Tjiptono, F., & Chandra, G. 2020. Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4 (4th ed.). C.V ANDI OFFSET.

Virdha, F. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu).

Wulandari, F. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ayam Penyet Jogja di Aceh Barat Daya. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. 2003. No TitleServices marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw-Hill Irwin.

Zeithaml, V. A., A. Parasuraman, & L.L. Berry. 1990. Delivering Quality Service. The Free Press

Downloads

Published

2024-07-30