USABILITY TESTING SISTEM INTELLECTUAL LEARNING BERBASIS MICROLEARNING (DIL-MICLEARN) MENGGUNAKAN ISO 9241-11 DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i2.80056Keywords:
User Experience Questionnaire, Usability Testing, DIL-MicLearnAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengujian usability terhadap sistem Dynamic Intellectual Learning berbasis Microlearning (DIL-MicLearn). DIL-MicLearn adalah media pembelajaran dalam bentuk e-learning dengan paduan dynamic intellectual learning sebagai wujud sistem adaptif dan teknik microlearning dalam menyuguhkan materi pembelajaran. Metode yang diterapkan dalam melakukan usability testing terhadap DIL-MicLearn adalah ISO 9241-11. ISO 9241-11 merupakan pengujian usability pada suatu produk untuk mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Efektivitas dan efisiensi diuji dengan memberikan task kepada responden. Sedangkan tingkat kepuasan pengguna diuji dengan menggunakan kuesioner dari User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh uji efektivitas sebesar 94%, kemudian untuk uji efisiensi DIL-MicLearn diperoleh 89%. Sedangkan uji kepuasan pengguna dengan menggunakan UEQ menghasilkan nilai rata-rata skala daya tarik 2,098. Skala kejelasan mendapatkan nilai rata-rata 1,989. Skala efisiensi mendapatkan nilai rata-rata 2,091. Skala ketepatan mendapatkan nilai rata-rata 1.886. Skala stimulasi mendapatkan nilai rata-rata 1,773. Sedangkan skala kebaruan mendapatkan nilai rata-rata 1,307. Selain itu, hasil analisis kualitas pragmatis dan hedonis mendapat nilai yang baik. Analisis benchmark juga memiliki nilai yang sangat baik. Berdasarkan hasil evaluasi kepuasan pengguna, dapat dikatakan bahwa pengguna merasa puas dengan penggunaan sistem DIL-Miclearn.
References
N. W. Marti, I. G. P. Suharta, K. Agustini, I. K. Sudarma, I. N. W. W. Saputra, and L. T. A. Putu, “Development of the Proposed Microlearning-Based Dynamic Intellectual Learning System to Actualize an Effective Learning Process in Online Environment,” vol. 21, no. 1, pp. 57–68, 2024.
M. Prabowo and A. Suprapto, “Usability Testing pada Sistem Informasi Akademik IAIN Salatiga Mengunakan Metode System Usability Scale,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 6, no. 1, pp. 38–49, 2021, doi: 10.14421/jiska.2021.61-05.
S. Aisyah, E. Saputra, N. Evrilyan Rozanda, and T. Khairil Ahsyar, “Evaluasi Usability Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 125–132, 2021.
N. W. Marti and K. M. Surya, “Usability Testing SIKTA di Program Studi Manajemen Informatika dari Pengguna Mahasiswa,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 18, no. 2, p. 206, 2021, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v18i2.35029.
S. W. Ningrum, I. Akrunanda, and A. Reza Perdanakusuma, “Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire,” … Teknol. Inf. dan …, vol. 3, no. 5, pp. 4825–4834, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5350
A. O. Elfaki and Z. Bassfar, “Auto-measuring usability method based on runtime user’s behavior: Case study for governmental web-based information systems,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 97, no. 13, pp. 3559–3573, 2019.
W. A. Pramono, H. M. Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi MyTelkomsel Dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2235–2242, 2019.
H. C. Bentro, R. I. Rokhmawati, and K. C. Brata, “Analisis Dan Perbaikan Aplikasi UB Bookstore Berdasarkan Aspek Usability ( ISO 9241-11 ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 378–385, 2019.
I. K. R. Arthana, I. M. A. Pradnyana, and G. R. Dantes, “Usability testing on website wadaya based on ISO 9241-11,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1165, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1165/1/012012.
N. W. Utami, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 107, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.23663.
J. T. Maulani, Suprapto, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Website Superprof.co.id dan Zonaprivat.com),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, pp. 2639–2645, 2021.
M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook v10(03.05.2023),” URL https//www.researchgate.net/publication/303880829{_}User{_}Experience{_}Questionnaire{_}Handbook{_}Version{_}2.(Accessed 02.02. 2017), pp. 1–16, 2023, [Online]. Available: www.ueq-online.org
N. Kadek Risma Juniantari and I. N. Tri Anindia Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.
I. N. S. W. Wijaya, P. P. Santika, I. B. A. I. Iswara, and I. N. A. Arsana, “Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2020762763.
Wulan Setyaningsih, Agus Wahyudi, Ian Harum Prasasti, and Hera Fransiska, “Analisis Aplikasi Gogezit Terhadap Kepuasan PelangganMenggunakan User Experience Questionnaire,” Jounal Comput. Sci. Informatics, vol. 1, no. 2, pp. 75–83, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)