IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i2.81688Keywords:
sistem informasi beasiswa, design thinking, Usability TestingAbstract
Program Beasiswa Alumni SMA Negeri 1 Singaraja merupakan wujud nyata kepedulian lembaga dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, proses seleksinya masih dilakukan secara konvensional yaitu menggunakan WhatsApp untuk penyebaran informasi, pengumpulan berkas hardcopy, dan pengecekan manual. Hal ini mengakibatkan keterlambatan dan penumpukan arsip. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi beasiswa untuk membuat proses seleksi lebih mudah, praktis, dan cepat, menggunakan metode Design Thinking. Terdapat lima tahapan yang dilakukan. Tahapan pertama yaitu empathize, menghasilkan empathy map. Tahapan kedua yaitu define, menghasilkan user persona, point of view, dan pain points. Tahap ketiga yaitu ideate menghasilkan how-might we, prioritization idea, information architecture, dan user flow. Tahapan keempat yaitu prototype menghasilkan desain prototype sistem. Tahap kelima yaitu pengujian prototype desain menggunakan usability testing untuk mengukur aspek efektivitas, efisiensi, learnability, error dan kepuasan pengguna. Pengujian dilakukan dua kali, dimana pengujian kedua dilakukan setelah revisi desain berdasarkan hasil pengujian pertama. Hasil pengujian menunjukkan aspek efektivitas meningkat pada siswa sebesar 17%, guru sebesar 2%, dan staf sebesar 16%. Aspek efisiensi meningkat pada siswa (0,14 goals/sec), guru (0,03 goals/sec), dan staf (0,04 goals/sec). Aspek learnability meningkat pada siswa sebesar 15%, staf sebesar 2%, sedangkan guru mengalami penurunan sebesar 5%. Aspek error turun menjadi 0 yang menunjukkan tidak ada kesalahan yang dilakukan saat pengujian oleh ketiga kelompok pengguna. Aspek kepuasan meningkat sebesar 4 poin, sehingga desain Sistem Informasi Beasiswa dikatakan acceptable dengan rating best imaginable dan peringkat A.
References
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 2003.
E. Ramadhani and A. Sidiq, “Design Thinking Method to Develop a Digital Evidence Handling Management Application,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 34–41, 2022.
J. P. Roberts, T. R. Fisher, M. J. Trowbridge, and C. Bent, “A Design Thinking Framework for Healthcare Management and Innovation,” Elsevier, vol. 4, pp. 11–14, 2016.
D. H. Mortensen, “Design Thinking Process,” Interaction Design Foundation, 2021. [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-1-in-the-design-thinking-process-empathise-with-your-users. [Accessed: 02-Jun-2024].
D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 580–596, 2022.
L. N. Islami, M. Defriani, and T. I. Hermanto, “UI/UX Design of Ineffable Psychological Counseling Mobile Application using Design Thinking Method,” Sink. J. dan Penelit. Tek. Inform., vol. 6, no. 3, pp. 962–973, 2022.
N. L. P. A. W. Purnawan, N. K. A. Wirdiani, and I. K. Adi, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” MERPATI, vol. 7, no. 2, pp. 113–124, 2019.
W. Riyadi and Kurniabudi, “Analisis Usability Aplikasi Belanjo Dengan PSSUQ Dan UMUX,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 240–251, 2023.
M. L. Baskoro and B. N. Haq, “Penerapan Metode Design Thinking pada Mata Kuliah Desain Pengembangan Produk Pangan,” J. IKRA-ITH Hum., vol. 4, no. 1, pp. 83–93, 2020.
C. Z. Alrazi and A. Rachman, “Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19,” Ultim. J. Komun. Vis., vol. 14, no. 2, pp. 190–202, 2021.
M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI / UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, pp. 980–987, 2022.
R. Fahrudin and R. Ilyasa, “Perancangan Aplikasi ‘Nugas’ Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development,” Jitter J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 35–44, 2021.
T. Yuliyana, I. K. R. Arthana, and K. Agustini, “Usability Testing pada Aplikasi POTWIS,” J. Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, pp. 12–22, 2019.
J. Rubin and D. Chisnell, Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests, 2nd ed. New Jersey: Willey, 2008.
T. Wahyuningrum, Mengukur Usability Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
J. Sauro and J. R. Lewis, Quantifying the User Experience: Practical Statistics for User Research, Second. Waltham: Morgan Kaufmann, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)