PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN CHIFFON CAKE MOTIF ZEBRA PADA MATA KULIAH PASTRY

Authors

  • Putu Ardian Pratama Putra FTK Undiksha
  • Cokorda Istri Raka Marsiti FTK Undiksha
  • Luh Masdarini FTK Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v22i1.87287

Keywords:

Media Pembelajaran, Video, Chiffon Cake, Motif Zebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran chiffon cake dan kelayakan media video pembelajaran chiffon cake pada Mata Kuliah Pastry di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner Universitas Pendidikan Ganesha. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model 4D, yaitu: (a) Define (pendefinisian); (b) Design (perancangan); (c) Develop (pengembangan); (d) Disseminate (penyebaran). Metode pengumpulan data penelitian ini mengunakan metode kuisioner dengan instrumen berupa angket. yang terdiri dari instrumen uji kelayakan ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, dan respon mahasiswa. Respon mahasiswa diperoleh dari 6 orang mahasiswa Prodi PVSK yang sudah mengambil Mata Kuliah Pastry. Subyek uji coba adalah ahli bidang materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Data dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran video chiffon cake motif zebra dikembangkan dengan model 4D, terdiri dari   empat   tahapan yaitu: (a) define, tahap ini meliputi kegiatan analisis awal; (b) design, pada tahap ini dilakukan kegiatan produksi; (c) develop,  pada tahap ini dilakukan pengujian produk kepada para ahli; dan (d) disseminate, pada tahap ini dilakukan penyebarluasan produk. Hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran media video pembelajaran chiffon cake morif zebra sangat layak digunakan dalam Mata Kuliah Patry.

References

W. Maghfiroh, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian,” J. Petisi (Pendidikan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 1, pp. 20–28, 2022, doi: https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800.

A. Azhar, Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2017.

V. Marenden, W. Tambunan, and M. Limbong, “Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video Untuk Meningkatkan Mutu Sdm Guru Mellui Pemanfaatan Teknologi Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Era New Normal,” J. Manaj. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 66–79, 2021, doi: https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3270.

S. E. Smaldino, D. L. Lowther, and J. D. Russell, Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana, 2012.

S. Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: sinar Baru Algesindo, 2010.

H. Hidayat, H. Mulyani, S. D. Nurhasanah, W. Khairunnisa, and Z. Sholihah, “Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,” J. Pendidik. Kewarganegaraan Undiksha, vol. 8, no. 2, pp. 1–9, 2020, doi: https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24759.

N. K. W. Rahayu and A. A. G. Agung, “Animated Video Media Contains Tri Kaya Parisudha on the Theme of My Environment,” J. Mimb. Ilmu, vol. 28, no. 1, pp. 8–15, 2023, doi: https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.54600.

G. P. P. Hapsari and Zulherman, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA,” PSEJ (Jurnal Pendidik. Sains Pancasakti), vol. 6, no. 1, pp. 22–29, 2021, doi: https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43.

H. Wulandari and D. A. Z. Nisrina, “Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik,” J. Ilm. Wahana Pendidikan, vol. 9, no. 16, pp. 345–354, 2020.

N. D. P. Gabriela, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 104-113., 2021.

L. Yuliawati, D. Aribowo, and M. A. Hamid, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik,” JUPITER (Jurnal Pendidik. Tek. Elektro), vol. 5, no. 1, pp. 35–42, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/view/6197/2611.

R. Cheppy, Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia., 2007.

G. M. R. Demon, “Meningkatkan Kemandirian Dalam Pembelajaran Pak Melalui Model PBL Berbantuan Media Video Materi Laki-Laki Dan Perempuan Kelas VIII SMP Pl Santo Albertus Ketapang,” in Prosiding Seminar Penididkan Nasional dan Agama, 2023, vol. 4, no. 1, pp. 36–58, doi: Gergorius Menue Raya Demonhttps://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i1.355.

H. Mokoginta, L. Sojow, and H. K. Manggopa, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komunikasi, vol. 1, no. 2, pp. 220-226., 2021, doi: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337.

S. K. Siti and A. F. Lutfi, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Auto Matsuda,” Petik J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 10, no. 2, pp. 183–193, 2024, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1663.

N. Nadhifah, B. Saputro, and E. R. Kusumawati, “Implikasi Model Pembelajaran Praktikum Ipa Berbasis Proyek Berbantukan Video Tutorial Terhadap Kreativitas, Minat, Motivasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” Ibriez J. Kependidikan Dasar Islam, vol. 8, no. 1, pp. 15-24., 2023, doi: https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i1.351.

A. Rinaldi, Y. Hendrayana, and R. Nugraha, “Pengaruh Pembelajaran Daring dan Luring menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Lay-Up Shoot Dalam Pembelajaran Bola Basket,” Jump. J. Mhs. Pendidik. Olahraga, vol. 4, no. 3, pp. 649-656., 2024, doi: https://doi.org/10.55081/jumper.v4i3.1944.

E. Erni and F. Farihah, “Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 18, no. 1, pp. 121–131, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397.

J. R. Johan, T. Iriani, and A. Maulana, “Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan,” Penerapan Model Four-D dalam Pengemb. Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan, vol. 1, no. 6, p. 372 ~378, 2023, doi: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455.

Y. Elza, T. Iriani, and R. Saleh, “Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis Animasi Menggunakan 4d Untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton,” in Prosiding Snitt Poltekba 4, 2020, pp. 299–306, [Online]. Available: https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1035.

S. Thiagarajan, D. S. Semmel, and M. I. Semmel, Instructional development for training teachers of exceptional children. Minneapolis, Minnesota: Indiana University, 1974.

A. Salahuddin, Aprimadedi, and Nurizati, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut Terhadap Keterampilan Membaca Teks Puisi Siswa Kelas VIII Di SMPN 29 Kabupaten Tebo,” nnovative J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 3, pp. 7694–7702, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/inovatif.v3i3.

A. Denada, W. Ketut, and A. Diah, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Rias Wajah Sikatri Pada Konsentrasi Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut Di Smk Negeri 2 Singaraja,” J. BOSAPARIS Pendidik. Kesejaht. Kel., vol. 14, no. 2, pp. 55–64, 2023, doi: https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i2.65841.

R. Purnama, Mahdiyah, and Guspri Devi Artanti, “Efektivitas Media Video Pembelajaran Pembuatan Chiffon Cake Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa D3 Tata Boga Pada Mata Kuliah Kue Kontinental,” J. Sains Boga, vol. 3, no. 1, pp. 12–18, 2020, doi: 10.21009/jsb.003.1.02.

R. Lestari, J. Jasiah, S. U. Rizal, and N. I. Syar, “Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD,” Holistika J. Ilm. PGSD, vol. 7, no. 1, pp. 34-43., 2023, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/15218.

J. Kurniawati, T. Iriani, and R. E. Murtinugrah, “Analisa Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Untuk CalonGuruVokasi,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 5, pp. 294–307, 2023.

K. I. Nursetyo, D. Ariani, R. Widyaningrum, and R. Syahyani, “Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran,” J. Pembelajaran Inov., vol. 4, no. 1, pp. 108–120., 2021, doi: https://doi.org/10.21009/JPI.041.14.

A. Rustamana, S. A. Mulyati, Fitriyani, and T. Prasetya, “Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Cetak : Tampilan Storyboard,” Sindoro Cendikia Pendidik., vol. 1, no. 6, pp. 71–80., 2023, doi: https://doi.org/10.9644/sindoro.v1i6.863.

Zamanmulyana Fariskanur, Arrsyi, E. Nurbaity, and Y. Sesnawati, “Media Pembelajaran E-Modul Kemeja,” J. Edukasi dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 39–48, 2023, doi: https://doi.org/10.37817/jurnaledukasidanmultimedia.v1i3.

M. Ridha, Firman, and Desyandri, “Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, pp. 154–162, 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925/831.

E. T. Mulyosari and B. H. C. Khosiyono, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 6, p. n 2395-2405, 2023, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5037.

R. Haryadi, I. Prihati, D. Oktaviana, and Herminovita, “Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” AXIOM (Jurnal Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 11–23, 2022, doi: https://doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10339.

B. Taib and N. Mahmud, “Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1799–2022, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1842.

N. Isnaeni and D. Hildayah, “Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa,” J. Syntax Transform., vol. 1, no. 5, pp. 148–156, 2020, doi: https://dx.doi.org/10.46799/jurnal%20syntax%20transformation.v1i5.69.

U. Rohimah, “Efektivitas Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sdn 09 Rawang Air Putih,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 346–351, 2023.

M. D. Angendari, I. M. Candiasa, I. W. S. Warpala, and K. Agustini, “Effect of Using Animation Video Media Through Problem-Based Learning Settings on Learning Outcomes for Making Fashion Patterns,” Int. J. Health Sci. (Qassim)., vol. 6, no. 3, pp. 1607–1622, 2022, doi: 10.53730/ijhs.v6n3.13605.

R. E. Mayer, Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press, 2009.

N. Agustian and U. H. Salsabila, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran,” Islam. J. Keislam. dan Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 123–133, 2021, doi: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Firdaus, H. Pathoni, and Alrizal, “Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Sebagai Acuan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Pengukuran,” J. Pendidik. MIPA, vol. 13, no. 3, pp. 790-796., 2023, doi: https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1006.

M. Noetel, S. Griffith, and C. Lonsdale, “ideo Improves Learning in Higher Education: A Systematic Review.,” Rev. Educ. Res., vol. 91, no. 2, pp. 204–236, 2021, doi: https://doi.org/10.3102/0034654321990713.

N. K. L. Wiartini, I. G. Sudirtha, and M. D. Angendari, “Tata Rias Pengantin Agung Kabupaten Karangasem Provinsi Bali,” BOSAPARIS Pendidik. Kesejaht. Kel., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2016, doi: https://doi.org/10.23887/jjpkk.v4i1.6793.

M. C. Schiappa, Y. S. Rawat, and M. Shah, “Self-Supervised Learning for Videos: A Survey,” ACM Journals, vol. 55, no. 135, pp. 1–37, 2023, doi: https://doi.org/10.1145/3577925.

S. Samad and A. L. Setyabudhi, “Application of Video-Based Learning Media with Applications to Improve Learning Activities of Vocational High School Students.,” Tech. Vocat. Educ. Int. J., vol. 3, no. 1, pp. 22–27, 2023, [Online]. Available: https://www.mand-ycmm.org/index.php/taveij/article/view/211.

Downloads

Published

2025-01-30