https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/feed Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 2024-07-30T00:00:00+00:00 I Gede Partha Sindu partha.sindu@undiksha.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), and Mechanical Engineering. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.</p> <p>P-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1180434928" target="_blank" rel="noopener">0216-3241</a><br />E-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1474207263" target="_blank" rel="noopener">2541-0652</a></p> <p> </p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/71770 ”LINK SMS” RANCANG BANGUN ALAT KENDALI PERALATAN LISTRIK RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESEARCH AND DEVELOPMENT 2024-02-01T13:22:42+00:00 Kadek Reda Setiawan Suda redasetiawan1@pasca.student.pens.ac.id Nyoman Santiyadnya santiyadnya@undiksha.ac.id I Gede Eka Wiantara Putra videline@yahoo.com Made Adi Surya Antara adisuryaantara.huawei@gmail.com Abdillah Aziz Muntashir abdillah.muntashir@polytechnic.astra.ac.id I Nyoman Sutarga sutarga@gmail.com <p class="JPTK-BodyAbstrak"><span lang="EN-US">Memiliki teknologi yang canggih dan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari merupakan idaman bagi setiap orang. Guna menciptakan teknologi canggih dalam membantu kehidupan sehari-hari, perlu adanya sebuah alat dalam melakukan kendali peralatan listrik rumah dari jarak jauh. Alat yang akan dikembangkan dalam penelitian ini salah satunya adalah alat pengendali peralatan listrik rumah dari jarak jauh menggunakan SMS dengan menggunakan metode Research &amp; Development (R&amp;D). Hasil yang diperoleh dari kendali peralatan listrik rumah ini yaitu alat LINK-SMS Berhasil dibuat sesuai dengan desain perancangan. Selanjutnya hasil dari pengujian alat yaitu untuk uji ahli alat elektronika didapat 95,45% pada kualifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil 90,85% pada kualifikasi sangat baik, dan hasil uji kelompok besar 91,80% pada kualifikasi sangat baik. Alat LINK-SMS dapat mengendalikan peralatan listrik rumah.<br /></span></p> <p> </p> <p class="JPTK-BodyAbstrak"><span lang="EN-US"> </span></p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kadek Reda Setiawan Suda, Nyoman Santiyadnya, I Gede Eka Wiantara Putra, Made Adi Surya Antara, Abdillah Aziz Muntashir, I Nyoman Sutarga https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/67755 PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY 2023-08-31T15:01:25+00:00 I Gusti Ayu Agung Mas Aristamy agungmas.aristamy@stiki-indonesia.ac.id Eka Dharsika e.dharsika@gmail.com Putu Risanti Iswardani puturisantiiswardani@gmail.com Ida Bagus Nyoman Pascima gus.pascima@undiksha.ac.id <p>SD Negeri 4 Peguyangan is one of the schools in Bali that applies ICT learning. ICT learning is carried out offline in a computer laboratory room with 13 teaching aids. The number of teaching aids in the computer laboratory does not even exceed half of the number of students per class, which is at least 31 students. The limited teaching aids make the learning process in ICT subjects ineffective, so that many students still do not fully understand the functions and parts of computers. This study aims to create an application that uses Augmented Reality technology on an Android-based smartphone to help recognize computer hardware. This research starts from the stage of data collection, analysis of existing conditions, application design, application implementation and application testing using the blackbox texting method. This Augmented Reality Application for Introduction to Computer Devices for Elementary School Students has tutorial features, camera scans, info, about and exit. This AR Application Recognizing Computer Devices can help and facilitate learning for students of SDN 4 Peguyangan in recognizing the form and function of computer devices</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Gusti Ayu Agung Mas Aristamy, Eka Dharsika, Putu Risanti Iswardani, Ida Bagus Nyoman Pascima https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/73322 PENDEKATAN METAKOGNISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM AC 2023-12-30T13:33:04+00:00 Juliar Rizky Austin juliar.23021@mhs.unesa.ac.id Achmad Imam Agung achmadimam@unesa.ac.id Subuh Isnur Haryudo subuhisnur@unesa.ac.id <p>Penelitian ini memberikan suatu pendekatan metakognisi melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada XI TKR SMK Negeri 7 Surabaya dengan mata pelajaran sistem AC dengan jumlah sebanyak 30 peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh (1) peserta didik masih sering merasa bosan saat pembelajaran, (2) keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan (3) peningkatan hasil belajar. Dari perolehan tersebut maka dapat disimpulkan bahwasanya perlu adanya peremajaan dalam model pembelajaran yang selama ini diterapkan sehingga didapatkan peserta didik bisa lebih aktif dari pembelajaran yang sebelumnya. Metakognisi termasuk kemampuan diri sendiri dalam memproses suatu informasi kemudian mengimplementasikannya sesuai dengan kemampuan yang diinginkan atau dirasa sanggup untuk dilakukan. Untuk model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sangat cocok digunakan untuk sekolah kejuruan karena mampu merangsang cara kerja peserta didik secara sistematis dan terstruktur. Penelitian ini menghasilkan peningkatan dalam proses metakognisi peserta didik ditunjukkan dengan presentase siklus 1 dengan indikator planing 74,5%, monitoring 72,708%, dan evaluasi 80% untuk siklus 2 dengan indikator planing 82,5%, monitoring 81,042%, dan evaluasi 80,83% untuk hasil belajar pada siklus 1 pengetahuan dengan rata-rata 75,23 dan keterampilan 79,33 kemudian hasil belajar di siklus 2 pengetahuan dengan rata-rata 80,6 dan keterampilan 81,26. Hal ini menjelaskan bahwa pendekatan metakognisi dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa.</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Juliar Rizky Austin Rizky, Achmad Imam Agung, Subuh Isnur Haryudo https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/76928 ESTIMASI BEBAN LISTRIK JANGKA PENDEK MENGGUNAKAN TIME SERIES NARX PADA BANGUNAN BERTINGKAT 2024-03-30T04:47:07+00:00 Ony Armanto onyarmanto97@gmail.com Novie Ayub Windarko ayub@pens.ac.id Setiawardhana setia@pens.ac.id Kadek reda setiawan suda redasetiawan1@gmail.com <p>Penggunaan energi sebagai komponen utama dalam menjalankan aktivitas dari waktu ke waktu semakin bertambah, khususnya untuk energi listrik.Dari pekerjaan industri, komersil dan pendidikan. Menurut OECD Institusi pendidikan tinggi dan komersil menggunakan 35% - 45% lebih tinggi energi listrik daripada hunian dan perkantoran. Namun dalam penggunaan energi listrik terbilang belum secara kesuluruhan dan tidak efisien. Salah satu penyebab dari penggunaan energi yang tidak efisien adalah tidak memperhitungkan beban yang digunakan dan juga energi harian yang digunakan oleh komponen atau aktivitas yang dilakukan sehingga perlu adanya solusi yang tepat untuk memperbaiki kondisi tersebut. Salah satu cara yang dapat menggunakan metode <em>Time Series NARX</em>. <em>NARX </em>adalah salah satu metode dari <em>Time Series Neural Network</em> yang menggunakan penundaan agar menghasilkan akurasi yang diinginkan .Pada penelitian ini diharapkan mendapatkan hasil maksimal dan efisien serta mengurangi penggunaan energi listrik yang berlebihan. Hasil dari penelitian ini mendapatkan MAPE sebesar 16,08% dan RMSE sebesar 20,96</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>Time Series NARX ,</em> Estimasi Beban , Konservasi Energi , Efisiensi Energi</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ony Armanto, Novie Ayub Windarko, Setiawardhana, Kadek reda setiawan suda https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/81688 IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM 2024-06-30T06:34:49+00:00 Putu Yudia Pratiwi putuyudia.pratiwi@undiksha.ac.id Ni Putu Ely Suchahyani ely.suchahyani@undiksha.ac.id <p>Program Beasiswa Alumni SMA Negeri 1 Singaraja merupakan wujud nyata kepedulian lembaga dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, proses seleksinya masih dilakukan secara konvensional yaitu menggunakan WhatsApp untuk penyebaran informasi, pengumpulan berkas hardcopy, dan pengecekan manual. Hal ini mengakibatkan keterlambatan dan penumpukan arsip. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi beasiswa untuk membuat proses seleksi lebih mudah, praktis, dan cepat, menggunakan metode Design Thinking. Terdapat lima tahapan yang dilakukan. Tahapan pertama yaitu empathize, menghasilkan empathy map. Tahapan kedua yaitu define, menghasilkan user persona, point of view, dan pain points. Tahap ketiga yaitu ideate menghasilkan how-might we, prioritization idea, information architecture, dan user flow. Tahapan keempat yaitu prototype menghasilkan desain prototype sistem. Tahap kelima yaitu pengujian prototype desain menggunakan usability testing untuk mengukur aspek efektivitas, efisiensi, learnability, error dan kepuasan pengguna. Pengujian dilakukan dua kali, dimana pengujian kedua dilakukan setelah revisi desain berdasarkan hasil pengujian pertama. Hasil pengujian menunjukkan aspek efektivitas meningkat pada siswa sebesar 17%, guru sebesar 2%, dan staf sebesar 16%. Aspek efisiensi meningkat pada siswa (0,14 goals/sec), guru (0,03 goals/sec), dan staf (0,04 goals/sec). Aspek learnability meningkat pada siswa sebesar 15%, staf sebesar 2%, sedangkan guru mengalami penurunan sebesar 5%. Aspek error turun menjadi 0 yang menunjukkan tidak ada kesalahan yang dilakukan saat pengujian oleh ketiga kelompok pengguna. Aspek kepuasan meningkat sebesar 4 poin, sehingga desain Sistem Informasi Beasiswa dikatakan acceptable dengan rating best imaginable dan peringkat A.</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Putu Yudia Pratiwi, Ni Putu Ely Suchahyani, I Md. Dendi Maysanjaya https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/80056 USABILITY TESTING SISTEM INTELLECTUAL LEARNING BERBASIS MICROLEARNING (DIL-MICLEARN) MENGGUNAKAN ISO 9241-11 DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) 2024-06-08T11:28:28+00:00 I Wayan Juli juli.2@student.undiksha.ac.id Gede Tanok Arta Wijaya tanok@student.undiksha.ac.id Putu Utami Pramesti Indraswari utami.pramesti@student.undiksha.ac.id Antonius Marcelino antonius.marcelino@student.undiksha.ac.id Ni Wayan Marti wayan.marti@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengujian <em>usability</em> terhadap sistem <em>Dynamic Intellectual Learning</em> berbasis <em>Microlearning</em> <em>(DIL-MicLearn)</em>. <em>DIL-MicLearn</em> adalah media pembelajaran dalam bentuk <em>e-learning</em> dengan paduan <em>dynamic intellectual learning</em> sebagai wujud sistem adaptif dan teknik <em>microlearning</em> dalam menyuguhkan materi pembelajaran. Metode yang diterapkan dalam melakukan <em>usability testing </em>terhadap <em>DIL-MicLearn</em> adalah ISO 9241-11. ISO 9241-11 merupakan pengujian <em>usability</em> pada suatu produk untuk mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Efektivitas dan efisiensi diuji dengan memberikan <em>task </em>kepada responden. Sedangkan tingkat kepuasan pengguna diuji dengan menggunakan kuesioner dari <em>User Experience Questionnaire</em> (UEQ). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh uji efektivitas sebesar 94%, kemudian untuk uji efisiensi <em>DIL-MicLearn</em> diperoleh 89%. Sedangkan uji kepuasan pengguna dengan menggunakan UEQ menghasilkan nilai rata-rata skala daya tarik 2,098. Skala kejelasan mendapatkan nilai rata-rata 1,989. Skala efisiensi mendapatkan nilai rata-rata 2,091. Skala ketepatan mendapatkan nilai rata-rata 1.886. Skala stimulasi mendapatkan nilai rata-rata 1,773. Sedangkan skala kebaruan mendapatkan nilai rata-rata 1,307. Selain itu, hasil analisis kualitas pragmatis dan hedonis mendapat nilai yang baik. Analisis <em>benchmark </em>juga memiliki nilai yang sangat baik. Berdasarkan hasil evaluasi kepuasan pengguna, dapat dikatakan bahwa pengguna merasa puas dengan penggunaan sistem <em>DIL-Miclearn</em>.</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Wayan Juli, Gede Tanok Arta Wijaya, Putu Utami Pramesti Indraswari, Antonius Marcelino, Ni Wayan Marti https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/76176 ONLINE LEARNING AMIDST COVID-19: ITS CHALLENGES ON HIGHER EDUCATION IN INDONESIA 2024-03-05T08:29:33+00:00 Ni Komang Arie Suwastini arie.suwastini@undiksha.ac.id Ni Komang Ratna Purwanti ratna.purwanti@gmail.com Komang Febrinayanti Dantes febrinayanti.dantes@undiksha.ac.id Zhuo Huizhao zhaihuizuo@hotmail.com Ni Wayan Surya Mahayanti suryamahayanti.sm@gmail.com <p class="JPTK-BodyAbstrak">Pengaruh pandemi COVID-19 di Indonesia menjalar ke sektor pendidikan. Hal ini berdampak pada seluruh jenjang pendidikan termasuk perguruan tinggi yang memaksa perkuliahan dilaksanakan secara daring. Melaksanakan pembelajaran daring menunjukkan tantangan perkuliahan daring di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini mengeksplorasi penelitian-penelitian sebelumnya yang menyoroti tantangan dalam melakukan online oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Ini mengadopsi model penelitian perpustakaan oleh George (2008). Penelitian ini memperoleh dan mengumpulkan data dari Google Scholar yang diindeks oleh jurnal nasional maupun jurnal internasional yang relevan dengan tantangan pembelajaran online di perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa yang meliputi permasalahan teknis, kurangnya keterampilan ICT, manajemen waktu, dan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran online.</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Komang Arie Suwastini, Ni Komang Ratna Purwanti, Komang Febrinayanti Dantes, Zhuo Huizhao, Ni Wayan Surya Mahayanti https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/76915 DESAIN DATA CENTER PERBANKAN DENGAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC) (STUDI KASUS PT. BPR XYZ) 2024-03-29T11:10:08+00:00 I Wayan Yudik Pradnyana yudik yudik.pradnyana@gmail.com Kadek Yota E. Aryanto yota.ernanda@undiksha.ac.id I G. Aris Gunadi igedearisgunadi@undiksha.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi telah menghasilkan berbagai produk dan layanan yang sangat dinamis mengikuti kebutuhan masyarakat termasuk dalam bidang perbankan. Untuk dapat menjalankan sistem elektronik ini, infrastruktur pusat data (<em>data center</em>) menjadi unsur penting yang harus dimiliki oleh institusi perbankan. Hal yang sama dibutuhkan oleh PT. BPR XYZ yang saat ini masih belum mengelola dengan baik pusat datanya. Kondisi topologi jaringan antar kantor saat ini belum baik sehingga perlu adanya topologi usulan. Perancangan keamanan <em>data center</em> dalam penelitian ini menggunakan <em>framework Open Enterprise Security Architecture</em> (O-ESA). <em>Framework</em> tersebut difokuskan pada penggunaan <em>Security Technology Architecture</em> pada bagian arsitektur layanan keamanan <em>(security services).</em> Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Network Development Life Cycle</em> (NDLC) sebagai acuan pada proses pengembangan keamanan <em>data center</em> di PT. BPR XYZ. Penelitian ini merekomendasikan desain jaringan antar kantor. Desain yang diberikan sudah melalui proses simulasi untuk membuktikan desain usulan lebih baik dari desain yang ada, sehingga desain usulan dapat diterapkan untuk keamanan <em>data center</em> pada PT. BPR XYZ. Pada topologi usulan menggunakan jaringan <em>dedicated </em>sebagai <em>virtual private network</em> (VPN) <em>server</em> dan pengamanan jaringan menggunakan traditional <em>firewall</em>. Topologi usulan mendukung <em>high avalability </em>dengan teknik <em>failover</em>.</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Wayan Yudik Pradnyana yudik, Kadek Yota E Aryanto, I G. Aris Gunadi https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/83486 TRANSFORMASI PELAYANAN DIGITAL DALAM PARIWISATA BALI: STUDI KASUS APLIKASI DENPASAR PRAMA SEWAKA 2024-07-29T04:02:53+00:00 Nyoman Sri Subawa shribawa@undiknas.ac.id I Gusti Ayu Agung Nadya Leonita nadyaleonitaa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengisi dan memperluas kekurangan penelitian yang ada tentang bagaimana teknologi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan keunggulan kompetitif bagi Bali sebagai destinasi pariwisata dengan transformasi digital. Salah satu inovasi teknologi yang menjadi fokus penelitian adalah layanan pariwisata digital. Pelayanan pariwisata digital sangat penting untuk memperluas hubungan, interaksi, dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling sebagai metode kualitatif. Informan utama penelitian ini adalah pengembangan aplikasi yang digunakan untuk menerapkan transformasi pelayanan digital. aplikasi ini digunakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Denpasar, serta pemerintah daerah terkait. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi transformasi digital dalam layanan pariwisata Bali secara signifikan meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan karena penggunaan teknologi digital dan inovasi terkait. Aplikasi pelayanan digital, seperti Denpasar Prama Sewaka, memungkinkan masyarakat mengakses informasi pariwisata dan mengajukan pengaduan secara online, yang mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan kepuasan Masyarakat. Namun, transformasi digital juga menghadapi hambatan, terutama kurangnya literasi atau edukasi masyarakat tentang penggunaan teknologi digital. Oleh karena itu, diperlukan upaya intensif untuk meningkatkan literasi digital di masyarakat Bali. Untuk mengatasi hambatan tersebut, evaluasi dan pembaharuan yang tepat waktu juga penting. Sektor pariwisata Bali dapat tetap relevan dan meningkatkan layanan kepada wisatawan dengan melakukan evaluasi dan pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar. Ini akan memenuhi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam mencapai pariwisata berkelanjutan.</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Gusti Ayu Agung Nadya Leonita, NYOMAN SRI SUBAWA https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/79154 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UBUD TRADITIONAL SPA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN 2024-05-28T03:48:13+00:00 Ni Made Fortuna Ayu Wasanti Santi madefortuna689@gmail.com Made Diah Angendari diah.angendari@undiksha.ac.id I Gede Sudirtha gede.sudirtha@undiksha.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (1) <em>Responsiveness</em> (daya tanggap), (2) <em>Assurance</em> (jaminan), (3) <em>Tangibles</em> (bukti fisik), (4) <em>Empathy</em> (empati), (5) <em>Reliability</em> (keandalan) Ubud Traditional SPA secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, (6) <em>R</em><em>esponsiveness</em> (daya tanggap), <em>assurance</em> (jaminan), <em>tangibles</em> (bukti fisik), <em>empathy</em> (empati) dan <em>reliability </em>(kehandalan) Ubud Traditional SPA secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis dan Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah Sampel yang didapatkan menggunakan perhitungan Slovin sebanyak 100 responden dengan teknik <em>Accidental Sampling</em> Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan program <em>SPSS 24</em>.. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) <em>Responsiveness</em>, (2) <em>Assurance</em>, (3) <em>Tangibles</em>, (4) <em>Emphaty</em>, (5) <em>Reliability</em> (Keandalan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (6) <em>R</em><em>esponsiveness</em> (daya tanggap), <em>assurance</em> (jaminan), <em>tangibles</em> (bukti fisik), <em>empathy</em> (empati) dan <em>reliability </em>(kehandalan) Ubud Traditional SPA secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.</p> <p> </p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Made Fortuna Ayu Wasanti Santi, Made Diah Angendari , I Gede Sudirtha