https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/feed Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 2024-03-17T03:55:11+00:00 I Gede Partha Sindu partha.sindu@undiksha.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), and Mechanical Engineering. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.</p> <p>P-ISSN : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1180434928&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">0216-3241</a><br />E-ISSN : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1474207263&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2541-0652</a></p> <p> </p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/67860 KENDALI KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA MENGGUNAKAN SCALAR CONTROL DENGAN PI GAIN SCHEDULING PADA KONDISI DINAMIK 2023-09-04T12:22:24+00:00 Abdillah Aziz Muntashir abdillah.muntashir@polytechnic.astra.ac.id Kadek Reda Setiawan Suda redasetiawan1@gmail.com <p>Kebutuhan energi bahan bakar terus meningkat, sehingga mendorong penelitian dalam pengembangan energi terbarukan. Pengembangan teknologi kendaraan listrik menjadi salah satu solusi upaya pengurangan penggunaan minyak bumi. Dalam penerapannya, kendaraan listrik digerakkan oleh motor, salah satunya menggunakan motor induksi 3 fasa. Motor induksi 3 fasa disamping memiliki kelebihan juga memiliki kelemahan diantaranya tidak kokoh/stabil kecepatannya pada kondisi dinamik, serta memiliki time respon yang lambat. Untuk mengatur kecepatan motor induksi 3 fasa digunakanlah inverter 3 fasa dengan V/F Scalar Control. Penggunaan scalar control dengan menjaga konstan antara besaran tegangan dan frekuensi motor sehingga mampu menjaga besarnya fluks tetap konstan. PI Gain scheduling memberikan aksi control time respon yang cepat pada kondisi dinamik, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja dari kendali motor induksi 3 fasa. Analisa performa motor dilakukan pada simulasi matlab. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan menggunakan PI Gain Scheduling dengan kondisi dinamik kecepatan yaitu set point 900 RPM hingga 1435 RPM dengan dengan torsi beban sebesar 7 Nm, dapat mempercepat time respon kecepatan motor induksi 3 fasa dalam menuju ke kondisi tunak, hal ini lebih baik dibanding dengan kondisi loop terbuka. Dengan time respon yaitu rise time dari 0.31 s menjadi 0.065 s dan nilai settling time dari 0.46 s menjadi 0.125 s dengan error steady state mendekati 0% ketika pengujian set point 1200 RPM.</p> 2024-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Abdillah Aziz Muntashir, Kadek Reda Setiawan Suda https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/74919 STRATEGI PROMOSI DESA WISATA SUDAJI BERBASIS PLATFORM DIGITAL 2024-01-29T00:52:06+00:00 Ni Komang Ary Dharma Pertiwi ary.dharma@undiksha.ac.id Ni Wayan Sukerti wayan.sukerti@undiksha.ac.id Luh Masdarini masdarini@undiksha.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi yang kemudian disampaikan secara deskriptif kualitatif. Kepala Desa Sudaji, Ketua Desa Wisata Sudaji, Pokdarwis Desa Wisata Sudaji, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Warga Desa Sudaji dan Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Sudaji menjadi sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi promosi Desa Wisata Sudaji berbasis platform digital sebagai berikut : (1) Website telah memenuhi 6 dari 11 aspek pengamatan, strategi yang perlu ditingkatkan pada <em>website</em> Desa Wisata Sudaji berupa membentuk tim pengelola <em>website, </em>mempublikasikan informasi terkait aktivitas, daya tarik wisata, <em>local wisdom</em> atau tradisi, jadwal <em>event</em> dan fasilitas pariwisata yang ada; (2) <em>Social media marketing</em> sudah memenuhi 6 dari 9 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah berupa pembentukan tim pengelola <em>social media marketing</em> dan memperhatikan aspek <em>context, communication </em>dan<em> connection</em> pada pembuatan konten di <em>social media marketing </em>Desa Wisata Sudaji; (3) <em>Online advertising</em> belum diterapkan, sehingga pengelola perlu melakukan perancangan anggaran promosi untuk Desa Wisata Sudaji; (4) Video marketing baru memenuhi 1 dari 7 aspek pengamatan, strategi yang perlu diterapkan adalah meningkatkan kreatifitas pembuatan video marketing, dan meningkatkan konsistensi dalam memproduksi dan mempublikasikan <em>video marketing</em> Desa Wisata Sudaji.</p> 2024-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ni Komang Ary Dharma Pertiwi, Ni Wayan Sukerti , Luh Masdarini https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/66460 PENGUMPULAN DATA TWEET BERDASARKAN KATA KUNCI DEPRESI DAN KISAH HIDUP DI KALANGAN MAHASISWA BERBASIS PHQ-9 2023-07-25T07:18:43+00:00 I Gusti Agung Putu Bagus Satria Wicaksana agung.bagus.satria@undiksha.ac.id Agus Aan Jiwa Permana agus.aan@undiksha.ac.id Ni Putu Novita Puspa Dewi novita.puspa.dewi@undiksha.ac.id <p>Dalam konteks pandemi COVID-19 yang telah berlalu, mahasiswa menghadapi tantangan baru dalam pembelajaran dan kesejahteraan mental mereka. Dampak pandemi dapat menyebabkan peningkatan stres dan tekanan, yang berkontribusi pada gejala depresi. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana mahasiswa mengungkapkan emosi terkait depresi dalam lingkungan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode data mining dengan menggunakan Snscrape sebagai alat untuk mengambil data dari platform media sosial, khususnya Twitter. Data yang diambil mencakup periode dari tahun 2019 hingga 2023, memungkinkan identifikasi perubahan tren dan pola ungkapan emosi terkait depresi pada mahasiswa dari waktu ke waktu. Proses pemilihan data melibatkan penentuan kriteria pencarian berdasarkan kata kunci dari kuisioner <em>PHQ-9</em> dan batas waktu periode yang relevan. Data yang diungkapkan oleh mahasiswa yang mencerminkan pengalaman pribadi dan kisah mereka dalam menghadapi depresi menjadi fokus dalam proses pengambilan data. Selanjutnya, data yang telah berhasil diambil disimpan dalam format file CSV, yang memungkinkan pengolahan data yang mudah dan kompatibilitas yang luas dengan perangkat lunak analisis data. Dalam penelitian ini, didapatkan data sebanyak 2581 data dimana 924 dikategorikan sebagai depresi ringan, 397 depresi sedang, dan 1260 depresi berat yang merupakan hasil scraping menggunakan <em>tools </em><em>Snscrape</em>. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan dukungan bagi mahasiswa yang mengalami depresi.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>COVID-19, Data Mining, Depresi</p> 2024-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Gusti Agung Putu Bagus Satria Wicaksana, Agus Aan Jiwa Permana, Ni Putu Novita Puspa Dewi https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/66381 IDENTIFIKASI DAN NORMALISASI TEKS SLANG DENGAN FASTTEXT PADA TWITTER DALAM BAHASA INDONESIA 2023-07-24T03:51:29+00:00 pande sindu pande.sindu@undiksha.ac.id Agus Aan Jiwa Permana agus.aan@undiksha.ac.id I Nyoman Saputra Wahyu Wijaya wahyu.wijaya@undiksha.ac.id <p>Salah satu dampak yang signifikan dari popularitas media sosial adalah munculnya istilah <em>slang</em> yang semakin banyak. Istilah <em>slang</em> adalah bahasa yang digunakan oleh kelompok-kelompok tertentu untuk berkomunikasi secara informal. <em>Slang</em> juga dapat muncul melalui singkatan, penggunaan kata-kata yang berbeda dari arti aslinya, atau penggabungan kata-kata yang tidak konvensional. Dalam pengolahan bahasa alami <em>(Natural Language Processing)</em> <em>Slang</em> sering kali memiliki makna yang tidak jelas atau ambigu, dan kata-kata <em>slang</em> dapat memiliki konotasi yang berbeda tergantung pada konteks dan subkultur tertentu. Ini dapat menyebabkan kesalahan dalam pemrosesan bahasa alami dan menghasilkan hasil yang tidak akurat atau salah dalam tugas seperti klasifikasi teks atau analisis sentimen. Dari permasalahan tersebut dalam penelitian ini dikembangkan suatu metode untuk mengidentifikasi dan melakukan normalisasi <em>slang </em>pada kalimat yang akan diproses oleh NLP. Proses normalisasi <em>slang</em> ke bahasa yang lebih standar dilakukan dengan memanfaatkan pretrain model dari <em>fasttext</em> untuk mencari kata – kata yang memiliki kedekatan dengan <em>slang. </em>Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dari sosial media <em>twitter. </em>Sebelum dinormalisasi data melewati beberapa proses seperti <em>preprocessing</em> data yang meliputi proses <em>cleaning, case folding,</em> dan <em>stopword removal</em> kemudian dilanjutkan dengan proses identifikasi <em>slang</em> pada kalimat dan terakhir dilakukan proses normalisasi slang yang didapatkan. Penelitian ini menemukan bahwa metode fasttext masih belum cukup baik melakukan normalisasi slang dikarenakan masih ada sekitar 1329 data dari 3239 data yang tidak berhasil dinormalisasi dengan baik yaitu sekitar 41%. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam membantu proses pengolahan kata yang lebih baik untuk NLP.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>slang</em>, normalisasi, <em>fasttext</em>, NLP</p> 2024-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 pande sindu, Agus Aan Jiwa Permana, I Nyoman Saputra Wahyu Wijaya https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/73768 TOURIST BEHAVIOR MODEL: PENGARUH MOTIVASI DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI PANTAI PENIMBANGAN 2024-01-07T07:27:17+00:00 Made Riki Ponga Kusyanda riki.ponga@gmail.com Ida Ayu Reviena Damasanthi ayu.reviena@undiksha.ac.id Nyoman Dini Andiani dini.andiani@undiksha.ac.id <p>Abstrak</p> <p>Adapun tujuan penelitian ini yaitu sebagai upaya yang dilakukan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mempengaruhi keputusan wisatawan untuk memilih berkunjung ke DTW Pantai Penimbangan dibanding dengan destinasi wisata lain yang sejenis maka Peran citra destinasi dan motivasi wisatawan menjadi salah satu faktor penentu. Oleh karena itu penelitian ini akan memberikan kajian khusus untuk mempelajari perilaku <em>(behavioral) </em>yang mempengaruhi wisatawan untuk mengunjungi DTW Pantai Penimbangan). Penelitian ini menggunakan pendekatan metide statistia parametrik dengan 100 responden dan dianalisis melalaui smart PLS- SEM 3.0. adapun hasil penelitian ini yaitu Berdasarkan Hasil Penelitian Adapun Kesimpulan Yaitu , Pertama Terdapat Hubungan Signifikan Antara Variabel Destination Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Kedua Terdapat Hubungan Signifikan Antara Destination Image Terhadap Motivasi Wisatawan Untuk Berkunjung. Ketiga Terdapat Hubungan Signifikan Antara Destination Image Terhadap Niat Wisatawan Berkunjung . Keempat Tidak Terdapat Pengaruh Antara Variabel Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung . Kelima Terdapat Pengaruh Signifikan Antara Variabel Motivasi terhadap Niat Wisatawan Berkunjung . Keenam Terdapat Hubungan Signifikan Antara Niat Wisatawan Berkunjung Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung. Selanjutnya Dari Model Yang Dihasilkan Dapat Disimpulkan Berada Pada Ketegori <em>Goodness Of Fit </em>Atau Model Yang Dihasilkan Dapat Diterima. Implikasi dari hasil penelitian ini, secara teoritis dapat mengidentifikasi dan mengukur hubungan variabel yang jarang dikaji, yaitu hubungan destination image terhadap niat berkunjung melalui motivasi wisatawan. pada dimensi operasional DTW Pantai Penimbangan, memeberikan gambaran lebih luas potensi DTW dan memberikan diferensiasi terhadap DTW lain yang sejenis.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Perilaku wisatawan, parametrik, Goodness of Fit</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstract</p> <p>The purpose of this research is an effort made to enhance and influence tourists' decisions in choosing to visit Penimbangan beach compared to other similar tourist destinations. The role of destination image and tourist motivation becomes one of the determining factors. Therefore, this research will provide a specific study to examine the behavioral aspects that influence tourists to visit Penimbangan beach . The study employs a parametric statistical method using 100 respondents and is analyzed through Smart PLS-SEM 3.0. The research findings indicate the following conclusions: 1) There is a significant relationship between the Destination Image variable and tourists' visiting decisions. 2). There is a significant relationship between Destination Image and tourists' motivation to visit.3). There is a significant relationship between Destination Image and tourists' intention to visit.4). There is no influence between the Motivation variable and visiting decisions.5). There is a significant influence between the Motivation variable and tourists' intention to visit.6). There is a significant relationship between tourists' visiting intention and their visiting decisions. Conclusively, based on the model generated, it can be inferred that it falls under the "Goodness of Fit" category or the model generated is acceptable. The implication of this research, theoretically, can identify and measure the relationship between rarely studied variables, namely the relationship between destination image and tourists' visiting intentions through their travel motivations. Within the operational dimensions of Penimbangan beach, it provides a broader overview of the potential of tourist attraction &nbsp;along with differentiates it from other similar destinations.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords : "Tourist behavior, parametric, Goodness of Fit"</strong></p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Made Riki Ponga Kusyanda, Ida Ayu Reviena Damasanthi, Nyoman Dini Andiani