Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Di Kelas XI TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja

Authors

  • Dimastya Teguh Cipto Haryono Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Pasek Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjtm.v4i1.18987

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI KELAS XI TPM 1 SMK NEGERI 3 SINGARAJATAHUN AJARAN 2018/2019 Oleh Dimastya Teguh Cipto Haryono1 , K. Rihendra Dantes1 , I N. Pasek Nugraha2 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan Unitersitas Pendidikan Ganesha E-mail. dimastyateguh@gmail.com , rihendra79@gmail.com1 , paseknugraha@undiksha.ac.id2 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur pada kelas XI TPm1 di SMK Negeri 3 Singaraja sehingga dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran yang lain. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen dengan bentuk ”Pre-test Post-test One Shot Case Study”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMKN 3 Singaraja. Sampel penelitian ini 1 kelas yang di isi oleh 31 kelas TPm 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan evaluasi hasil pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara : (1) Perhitungan analisis sederhana dengan cara membandingkan persentase hasil belajar siswa antara Pre-tes dan Post-tes siswa. (2) Menggunakan Skor N-gain dengan menguji normalitas data skor hasil pre-test, post-test dan Ngain. Normalized atau N-Gain skor bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan suatu model atau perlakuan (treatment) tertentu. (3) Uji T Paired atau Paired T Test digunakan sebagai uji komparatif atau perbedaan skala data dengan menghitung mean. Untuk mengetahui dan mempermudah analisis data interaksi antara hasil belajar siswa pada data pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dibantu dengan menggunakan SPSS sebagai alat bantu hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Menurut analisis data secara sederhana, peningkatan hasil belajar terjadi dari pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan nilai persentase manual sebesar 4,07 %. Menurut analisis data menggunakan teknik N-Gain, ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 10,967 (0,1) walaupun dengan kategori rendah. Hasil analisis menggunakan teknik Uji Paired T Tes menunjukkan adanya pengaruh dengan melihat perbandingan distribusi nilai t hitung lebih besar dari nilai t pada tabel, jadi H1diterima dan H0 ditolak karena adaanya pengaruh model pembelajar kooperatif tipe STAD terhadap hasil beajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar, STAD, Gambar Teknik Manufaktur

INFLUENCE OF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION COOPERATIVE LEARNING MODEL FOR STUDY RESULTS OF ENGINEERING DRAWINGS MANUFACTURE AT XI TPM1 CLASS OF SMKN 3 SINGARAJA By Dimastya Teguh Cipto Haryono1 , K. Rihendra Dantes1 , I N. Pasek Nugraha2 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan Unitersitas Pendidikan Ganesha ABTRACT This research aims to determine how the influence learning result by used model of Cooperative learning STAD type in engeneering drawing manufacture at SMK Negeri 3 Singaraja XI TPm1 Class after using model of Cooperatif learning STAD type, so it can be reference the other learning process, This research is experiment type with Pre-test Post-test One Shot Case Study. The sample of this research are 31 student people of TPm1 class at SMKN 3 Singaraja. The instrument of this research are learning test. Data collected by observation and learning results method. Data analysis use by: (1) simply analysis with percentage compare between post and pre tes results. (2) with used N-Gain score by verify the normalizing score from post and pre test results after treatment STAD model, this technique for knowing effectiviness of cooperative learning method. (3) by used Paired T Test as a scale difference and comparative test with means calculate, this reseach used SPSS application to make it easier for interaction data analysis between learning results The results of reseach are show model of cooperative learning STAD type to have influece for a learning result.The results obtained for considerations with simply data analysis have percentage score was 4,07%, it can improved learning outcome by use method of cooperative learning STAD type. The results for used N-Gain have score was 10,967 (0,1) whit low category and it had influence to improved learning outcome. The results by used Paired T Tes showed have have influence by seeing comparison t count is bigger than t table. So H1 be accepted and H0 reject.
keyword : Learning Result, STAD, Engeneering Drawing Manufacture

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles