Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Mata Pelajaran Sistem Pengapian Bagi Siswa Smk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran adobe flash cs6 pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian bagi siswa SMK. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran adobe flash cs6 Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Materi Sistem Pengapian. Merujuk pada pernyataan tersebut peneliti mengangkat penelitian dengan menggunakan jenis penelitian Research and Developnent (R&D), model penelitian pengembangan 4-D (Four-D Model), yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (deseminate). Hasil dari penelitian ini yaitu 1) memahami pengembangan media pembelajaran adobe flash cs6 Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan sepeda Motor bagi siswa SMK. 2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran adobe flash cs6 dengan data respon yang diberikan ahli materi berdasarkan persentase didapatkan hasil untuk media pembelajaran adobe flash cs6 yaitu 88,33% dengan kriteria sangat baik, respon yang diberikan ahli media berdasarkan persentase didapatkan hasil untuk media pembelajaran adobe flash cs6 yaitu 82,5% dengan kriteria baik, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan jumlah siswa 10 orang dengan nilai 90% dengan kriteria sangat baik, dan kelompok besar 87,72% dengan kriteria sangat baik. Hasil temuan tersebut menunjukkan bahwa media adobe flash cs6 sangat layak/sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran dari segi materi dan segi media.
Kata Kunci : Media Pembelajaran; Pengembangan Adobe Flash CS6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.