Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin

Authors

  • krispinus balsono UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • I N. Pasek Nugraha
  • Gede Widayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pengetahuan dasar teknik mesin. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian posttest only control group design . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas kelas X TP (Teknik pengelasan). Sampel Penelitian ini kelas X TP A dan X TP B. Jumlah sampel dari kedua kelas yang dibuka 60 siswa. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji one way ANOVA . Hasil penelitian menunjukan nilai F hitung yaitu sebesar 4.532 dan F tabel yaitu 3,16 (F hitung >F tabel ) sehingga H 0 ditolak dan H 1sehingga dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikansi belajar pengetahuan dasar mesin siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvesional. Rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 70,50, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 63,67. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknik mesin.

Kata Kunci: Hasil belajar, model pembelajaran jigsaw.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles