VIDEO PROFIL SEBAGAI SARANA PROMOSI EFEKTIF DALAM MENUNJANG EKSISTENSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v6i2.10705

Keywords:

Video profil, Program Studi Manajemen Informatika, Promosi, Eksistensi Prodi

Abstract

Video  profil  merupakan  sebuah  media  elektronik  untuk  menyampaikan  informasi yang sangat efektif dalam memperkenalkan suatu Prodi. Melalui media visual inilah maka semua informasi dapat dengan mudah dicerna oleh semua kalangan masyarakat. Prodi Manajemen Informatika adalah Prodi berada di Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Prodi ini, membutuhkan  media promosi untuk sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan eksistensinya setelah melakukan perombakan kurikulum 2012 menjadi 2016. Berdasarkan hal tersebut, maka untuk melakukan promosi maka dikembangkan  sebuah video profil Prodi Manajemen Informatika Undiksha. Dalam pembuatan  video ini, digunakan  Software  Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effects sehingga akan memudahkan pembuatan video profil. Dalam pembuatan Video Profil tahapan yang akan dibuat dimulai dari tahap Pra Produksi (Persiapan Ide, pengerjaan video, dan dialog atau Storyboard), Tahap Produksi (proses pengambilan gambar), Tahap Paska Produksi (Editing Video) serta elemen-elemen yang ada setiap tahapnya. Hasilnya berupa video profil yang digunakan untuk mempromosikan Prodi Manajemen Informatika.

 

References

Effendy, Heru, Mari Membuat Film panduan menjadi produser, konfiden, Jakarta, 2002

Vaughan, R. 2005. Multimedia: What it is and What it can do for our Students (http://jaltcall.org/cjo/5_00/vaughan. html).

Asyad, Azhar.2011.Media Pembelajaran.cetakan ke-15.Jakarta:Rajawalli Pers.

Haryoko, Trisno, Pembuatan Video Company Profile Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri, Universitas Surakarta, 2012

Goenawan, Suwasono, & Salamon. (2013). Perancangan Video Promosi Pulau Bawedan Beserta Media Pendukungnya. Jurnal DKV Adiwarna.

Jarwati, S., Bangbang, & Kristianto. (2013). Pembuatan Video Profil Akademi Kebidanan Mitra Ushada Berbasis Multimedia. Jurnal IJCSS

Downloads

Published

2017-11-10

Issue

Section

Articles