FACE RECOGNITION BASED MOBILE USING FISHERFACE AND DISTANCE CLASSIFIER

Authors

  • I Nyoman Tri Anindia Putra STMIK STIKOM INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v7i1.13267

Keywords:

Fisherface, Euclidian Distance, Square Distance, Canberra Distance, Bray Curtis Distance

Abstract

Dalam era pembangunan yang semakin canggih, sistem pengenalan yang memiliki akurasi tinggi dan proses cepat sangat penting untuk mengidentifikasi pribadi. Demikian pula, perkembangan teknologi mobile seperti smartphone dan tablet memungkinkan setiap orang untuk dengan mudah melakukan berbagai kegiatan. Oleh karena itu sistem berbasis mobile akan ditambahkan sehingga sistem pengenalan wajah dapat dengan mudah diterapkan untuk perangkat mobile.

Penelitian ini menggunakan metode fisherface untuk memproses fitur dari gambar wajah dan menggunakan metode ini seperti Euclidian Distance, Squared Euclidean Distance, Canberra Jarak dan Jarak Curtis Bray. Database yang digunakan dalam penelitian ini adalah dasar dari Yale, UB (Universitas Bern), dan ORL (Olivetty Penelitian Laborary) .suatu masukan dari sistem ini adalah pengujian citra wajah dari database. Sebagai output, gambar wajah diakui oleh sistem. Di sini, masukan gambar wajah akan diklasifikasikan berdasarkan pendekatan database yang telah melatih dan disimpan ke dalam database.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang telah diuji dengan menggunakan metode Fisherface untuk mengambil fitur dari gambar wajah dan menggunakan Euclidian Distance memperoleh akurasi rata-rata 91,7%, Squared Euclidean Distance memperoleh akurasi rata-rata 94%, Canberra Jarak memperoleh akurasi 75,9%, dan Bray Curtis Jarak mendapatkan akurasi 81%.

Downloads

Published

2018-07-02

Issue

Section

Articles