PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PRESTASI DAN BEASISWA UNDIKSHA (PRABA)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v7i1.13789

Keywords:

Prestasi, Beasiswa, Sistem Informasi Manajemen

Abstract

Dokumentasi dan manajemen data prestasi dan beasiswa masih menjadi masalah krusial yang harus segera diselesaikan. Jika dibiarkan, masalah tersebut dapat mengganggu pengelolaan perguruan tinggi saat ini dan kedepannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan prototipe Sistem Informasi Manajemen Prestasi dan Beasiswa Undiksha (PRABA). Prototipe PRABA berhasil dikembangkan melalui metode pengumpulan data dan studi literatur, analisis dan perancangan serta implementasi dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan mengkaji dokumen beasiswa. Studi literatur dilakukan dengan mempelajari dasar teori mengenai diagram use case dan aktivitas serta perancangan basis data dengan ERD. Analisis dilakukan untuk mendapatkan kondisi yang selama ini terjadi (As Is). Kemudian penulis  merumuskan syarat fungsional yang harus dimiliki sistem untuk menangani kendala yang terjadi saat ini. PRABA diimplementasikan berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Hasil pengujian terhadap PRABA menggunakan metode pengujian black box menunjukkan bahwa PRABA sudah memenuhi syarat fungsionalitas yang sudah ditetapkan terkait manajemen data prestasi dan beasiswa.

Author Biography

I Made Ardwi Pradnyana, Pendidikan Teknik Informatika-Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Teknik Informatika

References

Al-mamary, Y. H., Shamsuddin, A., & Aziati, N. (2014). The Meaning of Management Information Systems and its Role in Telecommunication Companies in Yemen. American Journal of Software Engineering., 2(2), 22–25. http://doi.org/10.12691/ajse-2-2-2

Aprida, C. D., & Samopa, F. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Beasiswa Internal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Teknik Pomits, 2(2), 350–354. Retrieved from http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/4822

Faturrahman, Sholiq, & Muqtadiroh, F. A. (2013). Rancang Bangun Perangkat Lunak Sistem Kemahasiswaan dan Alumni untuk Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi Sesuai Kebutuhan Pengisian Borang Akreditasi BAN-PT pada Jurusan Sistem Informasi ITS. Jurnal Teknik Pomits, 1(1), 1–5.

Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2011). System Analysis Design, Eight Edition. New Jersey: Prentice Hal.

Pradnyana, I. M. A., Permana, A. A. J., & Putrama, I. M. (2017). Implementasi Konsep Perancangan Model Konseptual Basis Data Studi Kasus : Perancangan Basis Data Sistem Informasi Administrasi Beasiswa di Undiksha. In Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK). (pp. 90–98). Denpasar.

Pradnyana, I. M. A., & Sugihartini, N. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pendukung Data Kemahasiswaan. In Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK) (pp. 296–306). Denpasar.

Downloads

Published

2018-07-02

Issue

Section

Articles