PENGEMBANGAN GAME GAMELAN SELONDING BALI BERBASIS VIRTUAL REALITY

Authors

  • Ari Indrawan Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Aditra Pradnyana Undiksha
  • I Made Agus Wirawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v8i1.18500

Keywords:

Game, Virtual Reality, Gamelan Selonding

Abstract

Gamelan adalah sebuah orkestra yang terdiri dari bermacam-macam instrumen yang terbuat dari batu, kayu, bambu, besi, perunggu, kulit, dawai, dan lain-lain dengan menggunakan laras pelog dan slendro. Salah satu cara agar generasi muda tertarik melestarikan gamelan selonding adalah dibuatkan sebuah game berbasis virtual reality, di mana penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia virtual akan  membuat masyarakat antusias untuk mencoba memainkan gamelan selonding tersebut. Pengembangan Game Gamelan Selonding Berbasis Virtual Reality ini memiliki fitur bermain bebas dan bermain dengan lagu.Pengembangan produk dengan model ini dapat menghasilkan produk yang baik, karena pada setiap fase yang dilalui dapat melakukan evaluasi. Pengujian untuk mengetahui respon masyarakat setelah menggunakan Game Gamelan Selonding Berbasis Virtual Reality dilakukan dengan metode angket dan memiliki hasil dengan persentase rata-rata sebesar 88.5% yang artinya aplikasi masuk kategori sangat baik.

References

P. Soeriadiredja, “Fenomena kesenian dalam studi antropologi,” pp. 0–38, 2016.

I. W. Aryasa et al., Pengetahuan Karawitan Bali. Denpasar: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Bali, 1985.

N. P. D. P. Ganeshwari, A. A. N. A. Kumbara, and I. N. Suarsana, “Eksistensi Gamelan Selonding di Desa Bungaya ,” J.

Humanis, Fak. Ilmu Budaya Unud, vol. 18, no. 2, pp. 56–63, 2017.

I. W. E. Suputra, “Filosofi Selonding Dalam Tatwa Hindu,” pp. 1–5, 2011.

B. Pane, X. Najoan, and S. Paturusi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” E-Journal, vol. 12, no. 1, 2017.

I. K. Y. Mariyantoni and P. N. Crisnapati, “Augmented Reality Book Pengenalan Perangkat Gamelan Bali,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2014.

I. P. N. Susila, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya, “PENGEMBANGAN APLIKASI GAMELAN SELONDING BERBASIS ANDROID,” Karmapati, vol. 4, no. 2, pp. 82–91, 2014.

I. G. E. Udiyana, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya, “Pengembangan Aplikasi Gamelan Angklung Bali Berbasis Android,” Karmapati, vol. 4, no. 4, pp. 1–9, 2015.

M. A. Pranata, G. S. Santyadiputra, and I. G. P. Sindu, “Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Taman Kanak- Kanak,” Edutech, vol. 16, no. 3, pp. 305–324, 2017.

Downloads

Published

2019-07-21

Issue

Section

Articles