PENGEMBANGAN GAME GAMELAN SELONDING BALI BERBASIS VIRTUAL REALITY
DOI:
https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v8i1.18500Keywords:
Game, Virtual Reality, Gamelan SelondingAbstract
Gamelan adalah sebuah orkestra yang terdiri dari bermacam-macam instrumen yang terbuat dari batu, kayu, bambu, besi, perunggu, kulit, dawai, dan lain-lain dengan menggunakan laras pelog dan slendro. Salah satu cara agar generasi muda tertarik melestarikan gamelan selonding adalah dibuatkan sebuah game berbasis virtual reality, di mana penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia virtual akan membuat masyarakat antusias untuk mencoba memainkan gamelan selonding tersebut. Pengembangan Game Gamelan Selonding Berbasis Virtual Reality ini memiliki fitur bermain bebas dan bermain dengan lagu.Pengembangan produk dengan model ini dapat menghasilkan produk yang baik, karena pada setiap fase yang dilalui dapat melakukan evaluasi. Pengujian untuk mengetahui respon masyarakat setelah menggunakan Game Gamelan Selonding Berbasis Virtual Reality dilakukan dengan metode angket dan memiliki hasil dengan persentase rata-rata sebesar 88.5% yang artinya aplikasi masuk kategori sangat baik.References
P. Soeriadiredja, “Fenomena kesenian dalam studi antropologi,” pp. 0–38, 2016.
I. W. Aryasa et al., Pengetahuan Karawitan Bali. Denpasar: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Bali, 1985.
N. P. D. P. Ganeshwari, A. A. N. A. Kumbara, and I. N. Suarsana, “Eksistensi Gamelan Selonding di Desa Bungaya ,” J.
Humanis, Fak. Ilmu Budaya Unud, vol. 18, no. 2, pp. 56–63, 2017.
I. W. E. Suputra, “Filosofi Selonding Dalam Tatwa Hindu,” pp. 1–5, 2011.
B. Pane, X. Najoan, and S. Paturusi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” E-Journal, vol. 12, no. 1, 2017.
I. K. Y. Mariyantoni and P. N. Crisnapati, “Augmented Reality Book Pengenalan Perangkat Gamelan Bali,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2014.
I. P. N. Susila, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya, “PENGEMBANGAN APLIKASI GAMELAN SELONDING BERBASIS ANDROID,” Karmapati, vol. 4, no. 2, pp. 82–91, 2014.
I. G. E. Udiyana, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya, “Pengembangan Aplikasi Gamelan Angklung Bali Berbasis Android,” Karmapati, vol. 4, no. 4, pp. 1–9, 2015.
M. A. Pranata, G. S. Santyadiputra, and I. G. P. Sindu, “Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Taman Kanak- Kanak,” Edutech, vol. 16, no. 3, pp. 305–324, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Sains dan Teknologi (JST) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)