USABILITY TESTING PADA WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) (STUDI KASUS : UMKMBULELENG.COM)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v8i2.22858

Keywords:

E-commerce untuk UMKM, Pemasaran Produk Perajin, System Usability Scale

Abstract

Pengembangan perangkat lunak sangat bermanfaat untuk membantu di beberapa bidang. Salah satunya adalah bidang pemasaran. Dengan perkembangan internet, proses pemasaran sudah lumbrah dilakukan melalui online dengan beberapa metode jual beli yang dilakukan seperti cash on delivery (COD), bayar di muka,  atau bayar barang saja dengan ongkos kurir dibayar setelah barang diterima. Pemasaran online memerlukan E-commerce  untuk membantu menghubungkan pembeli dengan penjual. Seperti yang dilakukan oleh kelompok perajin di Singaraja, dengan alamat website yang dapat diakses pada http://umkmbuleleng.com. Website ini sudah online, namun perlu dilakukan uji terkait untuk mengetahui apakah user dapat dengan mudah menggunakan aplikasi secara efektif dan efisien. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Sebelum produk di launching secara luas, perlu dilakukan proses pengujian ini. Metode yang digunakan untuk melakukan pengujian ini adalah System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian diperoleh yaitu baik. Sehingga aplikasi yang dikembangkan untuk perajin secara umum sudah sesuai dengan harapan pengguna

Downloads

Published

2019-10-31

Issue

Section

Articles