AUDIT SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN FRAMEWORK COBIT 5

Authors

  • Putu Aditya Pratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i2.25948

Keywords:

audit, COBIT 5, information system, SOP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran atau penilaian kinerja dan harapan perusahaan atau instansi terutama Universitas Pendidikan Ganesha dalam pelayanan terhadap sistem informasi yang ada. Pengukuran terhadap kinerja atau operasional dilakukan dengan cara audit menggunakan kerangka kerja COBIT 5 dengan menggunakan domain Deliver Service and Support (DSS) dan Monitor Evaluate and Assess (MEA). Dari kedua domain yang digunakan akan dilakukan pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan pemberian kuesioner terhadap beberapa responden yang melakukan atau melaksanakan prosedur operasional terhadap sistem informasi baik dari perawatan, backup data, maupun maintenance. Hasil data dari kuesioner yang diberikan diolah dengan metode perhitungan skala likert untuk dihitung level harapan pencapaian atau tingkat kapabilitas yang dicapai Universitas Pendidikan Ganesha. Dari hasil perhitungan data yang ada, didapatkan nilai kapabilitas 2,7 dengan nilai gap sebesar 1,3 yaitu pada level 3 Established Process, level yang diharapkan atau ditargetkan yaitu level 4. Untuk mencapai level 4 dengan nilai gap sebesar 1,3 maka dibuatkan beberapa rekomendasi antara lain pada pelayanan dan perawatan sistem, mengelola fasilitas sesuai dengan hasil atau data yang didapatkan, dan sesuai dengan yang diharapkan Universitas Pendidikan Ganesha, terutama pada pelaksanaan atau operasional sistem informasi.

References

Adhawiyah, Yunita, Nia Kumaladewi, and Meinarini Caturutami. 2017. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Psycological Appraisal.” 10(2): 119–26.

Andry, Johanes Fernandes. 2016. “Audit of IT Governance Based on COBIT 5 Assessments: A Case Study.” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 2(2): 27.

Chen, Song et al. 2013. “One-Step Preparation of Organosiloxane-Derived Silica Particles.”: 1–15.

Cobit, I. M. (2015). Jurnal Informasi Volume VII No.2 / November / 2015, VII(2), 33–47.

ISACA. (2012). COBIT 5 Implementation. USA: ISACA

ISACA. 2012. “COBIT 5: A Business Framework for Governance and Management of Enterprise IT.” USA: ISACA.

Maidin, Siti Sarah, Marini Othman, and Mohammad Nazir Ahmad. 2014. “Information Sharing in Governance of Flood Management in Malaysia: Cobit Based Framework.” International Conference on IT Convergence and Security, ICITCS.

Maniah, Sri Lestari (2008) Model Audit Sistem Informasi Akademik Proses Penyampaian dan Dukungan. Widyatama. Bandung.

Rainer, R, Kelly, Jr, Turban, Efraim (2009) Introduction to Information System: Enambling and Transforming Business

Solikin. (2004). Model Audit Sistem Informasi di Perguruan Tinggi dengan Menggunakan Kerangka COBIT. STMIK AMIK Bandung.

Sulaeman, Fietri Setiawati. 2015. “Audit Sistem Informasi Framework Cobit 5 Data Nasabah PT. AF per Tahun.” Media Jurnal Informatika 7(2): 37–42.

Tello, Iveth, Christian Ruiz, and Sang Guun Yoo. 2018. “Analysis of COBIT 5 Process ‘DSS02 - Manage Service Requests and Incidents’ for the Service Desk Using Process Mining.” International Conference on eDemocracy and eGovernment, ICEDEG 304–10.

Ward, J., Peppard, J., Strategic Planning for Information Systems, 3rd Edition, John Wiley & Sons, 2002.

Weber, Ron. (1999). Information System Control and Audit. Prentice Hall.

Downloads

Published

2020-09-28

Issue

Section

Articles