PENGARUH MODIFIKASI TIGA VARIETAS TEPUNG UBI JALAR DAN TERIGU TERHADAP KUALITAS DAN DAYA TERIMA MI KERING

Authors

  • Ni Wayan Sukerti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v2i2.2899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh modifikasi tepung ubi jalar putih dan terigu terhadap kualitas dan daya terima mi kering ; (2) Pengaruh modifikasi  tepung ubi jalar orange dan terigu terhadap kualitas dan daya terima mi kering; (3) Pengaruh modifikasi tepung ubi jalar ungu  dan terigu terhadap kualitas dan daya terima mi kering.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen ini menggunakan factorial ganda 3 x 3 yaitu pengaruh modifikasi tiga varietas tepung ubi jalar terhadap kualitas dan daya terima mi kering. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui uji mutu organoleptik dengan parameter yaitu aroma, rasa, tekstur,. Panelis yang dilibatkan sebanyak 40 orang, yang terdiri dari panelis terlatih (6 orang) dan panelis semi terlatih 34 orang. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dan analisis Varian Klasifikasi Ganda (ANAVA GANDA ) dengan program SPSS for windows Versi 16 dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa terdapat pengaruh yang signifikan modifikasi tepung ubi jalar putih dengan terigu terhadap kualitas  aroma mie kering dengan (mean) sebesar 2,52 pada kategori baik. Sedangkan daya terima responden berada pada kategori cukup disukai; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan modifikasi tepung ubi jalar orange dengan terigu terhadap kualitas  aroma dengan (mean) sebesar 2,52 pada kategori baik, sedangkan aspek  rasa mie kering dengan (mean)  sebesar 2,58 pada kategori baik. Sedangkan daya terima responden pada  kategori disukai  ; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan modifikasi tepung ubi jalar ungu dengan terigu terhadap kualitas  aroma mie kering dengan (mean) sebesar 2,82 pada kategori baik. Sedangkan daya terima responden pada kategori cukup disukai.

Downloads

Issue

Section

Articles