OPTIMALISASI PEROKSIDASE DARI BUAH BELIMBING MANIS (Averrhoa carambola) UNTUK DEGRADASI SENYAWA FENOL

Authors

  • Ni Made Ratna Dwiyanthi Jurusan Analis Kimia, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Vivi Oviantari Jurusan Analis Kimia, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Putu Parwata Jurusan Analis Kimia, FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i2.29039

Keywords:

peroksidase, buah belimbing manis, degradasi, fenol

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pH dan suhu optimal yang diperlukan oleh ekstrak peroksidase dari buah belimbing manis dalam mengkatalisis reaksi degradasi senyawa fenol. Subjek penelitian ini adalah peroksidase yang diisolasi dari buah belimbing manis (Averrhoa carambola) yang sudah matang, sedangkan objek penelitian adalah pH dan suhu optimum yang diperlukan oleh peroksidase dari buah belimbing manis (Averrhoa carambola) untuk mendegradasi fenol. Peroksidase diekstraksi dari buah belimbing manis (Averrhoa carambola) yang sudah matang menggunakan blender dan disentrifugasi dengan kecepatan 5000 rpm selama 120 menit. Ekstrak enzim kemudian diuji aktivitasnya dalam mendegradasi fenol pada variasi pH dan suhu. Pengukuran konsentrasi fenol dilakukan dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa degradasi senyawa fenol dengan biokatalisator peroksidase dari buah belimbing manis berlangsung optimum pada pH 5 dan suhu 65˚C dengan nilai efisiensi 72,71%.

References

Azevado, Ana M, Veronica C. Martins, Duarte M.F. Prazeres, Vojislav Vojinic, Joaquim M.S. Cabral dan Luis p. Fonsesa. 2003. Horseradish Peroxidase: A Valuable Tool in Biotechnology. Biotechnology Annual Review, Volume 9 (hlm 199-247)

Handayani, Santi Nur, Zulfahair dan Fofika Diah Rizaeni. 2008. Penggunaan Enzim Peroksidase dari Daun Mangkokan untuk Penurunan Kadar Fenol. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi 2008. Universitas Negeri Jendral Soedirman. Purwokerto 13 Desember 2008.

Isyuniarto, Widdi Usada, Agus Purwadi dan Suryadi. 2005. Degradasi Fenol Dalam Limbah Pengolahan Minyak Bumi dengan Ozon. Yogyakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Maju. ISSN 76:02163128.

Laurenti, C and E. Clemente.2010. Some Properties of Peroxidase Extracted from Pulp of Star Fruit. Brazil : Laboratorio de Bioquimica de Alimentos.Brazil

Rocha LL, de Aquir Cordeiro R, Cavalcante RM, do Nascimento RF, Martins SC, Santaella ST, dan Melo VM. 2007. Isolation and Characterization of Phenol-degrading Yeast from an Oil Refinery Wastewater in Brazil. Mycophatologia Volume 164 (hlm:183-188).

Sadikin, M. 2002. Biokimia Enzim. Jakarta : Widya Medika.

Shetty KV. Kalifathulla I, Srinikethan G. 2007. Performance of Pulsed Plate Bioreactor for Biodegradation of Phenol. J Hazard Mat Volume 140 (hlm:346-352).

Slamet, R. Arbianti dan Daryanto. 2005. Pengolahan Limbah Organik (Fenol) dan Logam Berat (Cr6+atau Pt4+) secara Simultan dengan Fotokatalisis TiO2, ZnO-TiO2, dan CdS-TiO2. Makara Teknologi, Volume 9, No 2, November 2005. (hlm 66-71

Yohan, Hidayat. 1998. Pemanfaatan Peroksidase dari Lobak Sebagai Katalis Untuk Penanganan Limbah Fenol dengan Hidrogen Peroksida. SKRIPSI (tidak diterbitkan). Jurusan Kimia Universitas Diponegoro Semarang.

Zulfahair dan Santi Nur Handayani. 2008. Pemanfaatan Kulit Batang Ubi Kayu Sebagai Sumber Enzim Peroksidase Untuk Penurunan Kadar Fenol. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi 2008. Universitas Negeri Jendral Soedirman. Purwokerto 13 Desember 2008.

Downloads

Published

2020-10-03

Issue

Section

Articles