ANALISIS THROUGHPOUT PENGIRIMAN DATA PADA JARINGAN WIRELESS DENGAN METODE QUEUE TREE

Authors

  • Candra Ahmadi ITB STIKOM Bali
  • I Gede Ryan Pandu Winata

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v10i1.30269

Abstract

Dengan semakin berkembangnya TIK (Teknologi Indormasi dan Komunikasi) telah mengubah banyak aspek dalah proses telekomuniasi dan pengiriman data. Proses pengiriman data ini sangat erat kaitannya dengan komunikasi data. Sebagimana kita ketahui bersama komunikasi data merupakan proses mengirimkan data dari satu komputer ke komputer yang lain. Untuk dapat mengirimkan data, pada komputer harus ditambahkan alat khusus, yang dikenal dengan network interface (interface jaringan). Jenis interface jaringan ini bermacam-macam, tergantung pada media fisik yang digunakan untuk mentransfer data tersebut, tergantung dari media transmisi yang digunakan baik itu guided media ataupun unguided media. Proses pengiriman data dalam suatu jaringan terdapat beberapa masalah yang harus dipecahkan. Salah satu diataranya adalah permaslah kualitas dari pengiriman data tersebut. Dimana semakin bagus kualitas, maka proses pengiriman data akan semakin bagus pula. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis mengenai metode transfer data untuk mengetahui Quality of Service throughpout dari jaringan wireless dengan metode queue tree. Penelitian ini akan dibatasi dengan menggunakan beberapa varian data dan menggunakan pembatasan bandwidth. Berdasarkan pengujian, parameter performansi seperti throughput, packet loss dan waktu loading sangat dipengaruhi oleh besar bandwidth, dan ukuran file

References

Aazam, M., Syed, A. M., & Huh, E. N. (2013, August). Redefining Flow Label in IPv6 and MPLS Headers for End to End QoS in Virtual Networking for Thin Client. In Communications (APCC), 2013 19th Asia-Pacific Conference on (pp. 585-590). IEEE.

Ahmadi, C. (2017). Routing Pada Jaringan Wireless dengan Pembebanan Pada MPLS dan OSPF. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, 809-814.

Faisal, I. (2018). Analisis qos pada implementasi manajemen bandwith menggunakan metode queue tree dan pcq (per connection queueing). Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 1(1), 137-142.

Nadhif, M. F., Indriati, R., & Sucipto, S. (2019). Arsitektur Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Queue Tree. Semnasinotek, 3(1), 145-150.

Nurfiana, N., & Ramanda, D. (2019). Implementasi Metode Pcq-Queue Tree Pada Router Mikrotik Dan Monitoring Cacti Untuk Peningkatan Quality Of Service. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika, 1(1), 1-7.

Towidjojo, Rendra, Mikrotik Kung Fu Kitab 2 Kitab Manajemen Bandwidth, Palu:Jasakom, 2014.

Towidjojo, Rendra, Mikrotik Kung Fu Kitab 3 Kitab Manajemen Bandwidth, Palu:Jasakom, 2014

Wedashwara, W., Mabu, S., & Ahmadi, C. (2017, August). Parallel evolutionary association rule mining for efficient summarization of wireless sensor network data pattern. In 2017 5th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-6). IEEE.

Wedashwara, W., Ahmadi, C., Arimbawa, I. W. A., & Putra, I. G. E. W. (2019, September). Internet of Things based Smart Energy Audit using Evolutionary Fuzzy Association Rule Mining. In 2019 International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET) (pp. 142-147). IEEE.

Downloads

Published

2021-05-08

Issue

Section

Articles