Asesmen Teknologi untuk Mesin 3D Printer di Laboratorium Desain Produk dan Inovasi

Authors

  • Bella Salsana Del Institute of technology
  • Benedikta AH Siboro Del Institute of technology
  • Yosef Manik Del Institute of technology

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v11i1.38889

Keywords:

Lab. Desprin, 3D Printer Machine, 3D Printer Machine A, 3D Printer Machine B

Abstract

Mesin 3D printer adalah salah satu dampak kemajuan bidang ekonomi akibat revolusi industri 4.0. Mesian 3D printer adalah metode yang cara kerjanya dengan menumpuk material untuk membuat sebuah objek 3 dimensi. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi perbedaan karakteristik fasilitas mesin 3D printer A dan mesin 3D printer B sebagai fasilitas technoware di Lab. Desprin. Dengan analisis komparasi diperoleh pemetaan jenis mesin 3D printer paling relevan pada setiap mata kuliah yang dilayani lab.desprin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan variabel yang dianalisis adalah Usage Filament, presisi dimensi, waktu produksi, deformasi produk dan kekasaran permukaan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji ANOVA satu arah atau one way ANOVA dengan bantuan software SPSS (Statistical Package for Social Science) version 20.0 for windows dengan tingkat signifikansi 0, 05. Dari hasil analisis ditemukan bahwa perbedaan karakteristik utama terdapat pada variabel waktu produksi, presisi dimensi, dan kekasaran permukaan. Hasil ini digunakan untuk memetakan penggunaan mesin 3D printer kedalam kebutuhan pembelajaran pada semua mata kuliah yang dilayani oleh Lab. Desprin.

References

Agussani, & Sulasmi, E. (2021). Professional Social Workers in the Era of Revolution 4.0 (Case Study in Medan ODH Social Rehabilitation Center). Islam Realitas : Journal of Islamic and Social Studies, 7(1). https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v7i1.3789.

Aldianto, L., Mirzanti, I. R., Sushandoyo, D., & Dewi, E. F. (2018). Pengembangan Science dan Technopark dalam Menghadapi Era Industri 4.0 - Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1). https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261.

Andriyansyah, D., Sriyanto, & Jamaldi, A. (2021). Perancangan dan Pembuatan Mesin 3D Printer Tipe Cantilever. JURNAL ABDI MASYA, 1(2), 108–114. https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.139.

Anthony, Sediyono, E., & Iriani, A. (2020). Analisis Kesiapan Kerja Mahasiwa di Era Revolusi Industri 4.0 Menggunakan Soft - System Methodology. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(5), 1041–1050. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752380.

Aoun, J. (2017). Robot-Proof : Higher Education in The Age of Artificial Intelligence. MIT Press.

Cahyati, S., & Putra, D. (2019). Redesain Meja Cetakan Mesin 3D Printer Berbasis Fused Deposition Modelling. Jurnal Energi Dan Manufaktur, 12(2), 99–102. https://doi.org/10.24843/JEM.2019.v12.i02.p09.

Carneiro, O. S., Silva, A. F., & Gomes, R. (2015). Fused Deposition Modeling with Polypropylene. Materials and Design, 83, 768–776. https://doi.org/10.1016/J.MATDES.2015.06.053.

Ghufron, M, A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (pp. 332 – 337). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/73.

Hager, I., Golonka, A., & Putanowicz, R. (2016). 3D Printing of Buildings and Building Components as the Future of Sustainable Construction? Procedia Engineering, 151, 292–299. https://doi.org/10.1016/J.PROENG.2016.07.357.

Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2). https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659.

Ivandiaz, I., Novareza, O., & Sulistyarini, D. H. (2020). Analisis Parameter 3d-Printing Material Abs terhadap Kekasaran Permukaan Produk Menggunakan Metode Taguchi. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 8(6), p126-134.

Khonitan, D., & Utami, B. N. (2019). Motivasi Generasi Muda dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan Bidang Pertanian di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang. Jurnal Sains Psikologi, 8(1), 162-17 0. https://doi.org/10.17977/um023v8i12019p162.

Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Disrupsi, Tantangan dan Ancaman bagi Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019, 2, 364–370.

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi PBL untuk Menyiapkan Calon Pendidik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271–290. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4390.

Muliyawan, M. D. (2017). Rancang Bangun Konstruksi Rangka Mesin 3d Printer Tipe Cartesian Berbasis Fused Deposition Modeling (Fdm). Jurmal Teknik Mesin, 6(4), 252–257. https://doi.org/10.22441/jtm.v6i4.2075.

Payadna, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Penerbit Deepublish, 1, 175.

Pérez, M., Medina-Sánchez, G., García-Collado, A., Gupta, M., & Carou, D. (2018). Surface Quality Enhancement of Fused Deposition Modeling (FDM) Printed Samples Based on The Selection of Critical Printing Parameters. Materials, 11(8). https://doi.org/10.3390/ma11081382.

Roberson, D. A., Espalin, D., & Wicker, R. B. (2013). 3D Printer Selection: A Decision-Making Evaluation and Ranking Model. Virtual and Physical Prototyping, 8(3), 201–212. https://doi.org/10.1080/17452759.2013.830939.

Saputra, W. D., & Kurniawati, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Praktikum Pengenalan Alat Laboratorium Kimia Sekolah Menengah Atas. Journal of Natural Science and Integration, 4(2). https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.12068.

Schwab, K. (2016). The Fouth Industrial Revolution.

Setiawan, B., Triyanti, I., Walid, A., Prasetyo, R., Umro, V., & Cahya, D. (2021). Aplikasi Solidwork untuk Rancangan CAD 3D pada Mesin 3D Printer 2x2x2 Meter. JURNAL ELTEK, 19(2), 9–16. https://doi.org/10.33795/eltek.v19i2.283.

Shahrubudin, N., Lee, T. C., & Ramlan, R. (2019). An Overview on 3D Printing Technology: Technological, Materials, and Applications. In Procedia Manufacturing (Vol. 35, pp. 1286–1296). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.06.089.

Sobron Lubis, & Sutanto, D. (2014). Pengaturan Orientasi Posisi Objek pada Proses Rapid Prototyping Menggunakan 3D Printer terhadap Waktu Proses dan Kualitas Produk. Jurnal Teknik Mesin, 15(1), 27–34. https://doi.org/10.9744/jtm.15.1.27-34.

Stopforth, R. (2021). Conductive Polylactic Acid fFlaments for 3D Printed Sensors: Experimental Electrical and Thermal Characterization. Scientific African, 14. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2021.e01040.

Vania, A. S., Septianingrum, A. D., Suhandi, A. M., & Prihantini. (2021). Revitalisasi Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3t) pada Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1587.

Wahyuningsih, S., & Susanti, R. D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Calon Guru Madrasah Ibtidaiyyah di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6384.

Wibisono, A. G., & Kurniawan, B. (2020). 3D Printer Chocolate Berbasis Arduino. TELEKONTRAN, 8(1), 86–92. https://doi.org/10.34010/telekontran.v8i1.3080.

Wibowo, U. D. A. (2019). Prophetic Softskills untuk Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 21(1). https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i1.758.

Downloads

Published

2022-02-27

Issue

Section

Articles