PENGEMBANGAN MATHLET MATEMATIKA EKSPLORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII DI SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v1i2.6040Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII terhadap konsep-konsep matematika. Pada tahun pertama, beberapa mathlet berhasil dibuat. Mathlet-mathlet tersebut juga telah divalidasi oleh beberapa orang yang kompeten di bidangnya dan juga telah mengalami validasi empirik yang sifatnya terbatas. Pada tahun kedua penelitian dilanjutkan dengan melakukan eksperimen untuk mengetahui pengaruh integrasi mathlet dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di Singaraja. Empat buah SMP (3 SMPN dan 1 SMP Swasta) dengan 240 orang siswa telah dipilih secara random untuk menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi mathlet ke dalam pembelajaran matematika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan F = 23,33 melawan F = 3,89 untuk taraf signifikansi 95%. Pengaruh ini bersifat umum tidak bergantung pada tingkat kemampuan siswa. Hal ini terbukti dari tidak adanya interaksi antara Integrasi Mathlet dan tingkat kemampuan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan pada hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyarankan agar para guru menggunakan mathlet dalam pembelajaran matematika mereka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Sains dan Teknologi (JST) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)