Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (Sicantik) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dpmpptsp) Menggunakan Pendekatan Utaut

Authors

  • Putu Felika Darmawan universitas pendidikan ganesha
  • i made ardwi pradnyana universitas pendidikan ganesha
  • gede hendra divayana universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18372

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal antara penggunaan layanan SiCantik (use behavioral) dengan Performance Expectancy(PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), dan Facilitating Condition (FC) yang dimoderasi oleh variabel moderator Gender (jenis kelamin) dan Age (usia).

       Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal atau sebab akibat dengan menggunakan pendekatan model UTAUT. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat di kabupaten Buleleng dan untuk sampelnya diambil dari data masyarakat kota Buleleng yang telak melakukan proses permohonan izin di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) dengan jumlah sampel sebanyak 30 sampel/responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket, dan metode  pengolahan data yang dignakan adalah metode Partial Least Squares (PLS) dengan pengolahannya menggunakan aplikasi smartPLS.

 

Kata Kunci :          smartPLS, PLS,  UTAUT, use behavioral.

Downloads

Published

2019-07-22

Issue

Section

Articles