PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI KARTUN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TIK SMA N 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2011/2012

Authors

  • A. A Mas Megawati Pertiwi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v1i2.19561

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran  ARCS untuk meningkatkan hasil belajar TIK kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja, (2) motivasi siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARCS Berbantuan Media, (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARCS Berbantuan Media. 

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2 dan XI IPA3 yang berjumlah 44 orang. Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA3 digunakan sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberikan tes dengan menggunakan metode tes pilihan ganda  untuk mengukur ranah kognitif dan uji keterampilan untuk mengukur ranah Psikomotor. Pengumpulan data hasil belajar dianalisis melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Pengukuran untuk respon dan motivasi menggunakan metode angket.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. (1)Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran ARCS berbantuan Media adalah 39,41 dengan standar deviasi 2,59 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran Langsung adalah 35,69 dengan standar deviasi 2,52. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ARCS berbantuan media lebih tinggi dari model pembelajaran langsung. (2) diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa untuk seluruh pertemuan sebesar 78,95 dengan kategori tinggi terhadap penerapan model pembelajaran ARCS berbantuan media. (3) diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 70,04 dengan kategori positif, terhadap penerapan model pembelajaran ARCS.
 
 

Downloads

Published

2012-02-28

Issue

Section

Articles