Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunika

Authors

  • Ni Wayan Sri Muliartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Desak Made Sri Adnyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menggunakan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singaraja, dimana melibatkan siswa kelas VII D dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa dan data respon siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes dan data respon siswa dikumpulkan melalui angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa dimana pada siklus I ketuntasan klasikal siswa adalah  sebesar 54,8% dan pada siklus kedua mengalami peningkatan sebanyak 35,5% menjadi 90,3%. (2) rata-rata respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ini tergolong positif yaitu sebesar 46,9. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat meningkatkan hasil belajar dan mendapat respon positif dari siswa.

Downloads

Published

2013-08-31

Issue

Section

Articles