Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio (Studi Kasus: Mata Pelajaran TIK dengan Materi Microsoft Word)

Authors

  • I Gde Made Agus Kristiawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Adi Saputra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kisi kisi, (2) rubrik penilaian, (3) validitas isi, (4) validitas butir, (5) reliabilitas, (6) indeks kesukaran kutir, (7) indeks daya beda butir, dan (8) implementasi dari instrumen penilaian portofolio (studi kasus pada mata pelajaran TIK kelas X semester genap dengan materi Microsoft Word).Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian dan Pengembangan. Penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu atau mengembangkan produk yang telah ada serta menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Dick and Carey. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tabanan yang berjumlah 100 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kualitatif yang bersumber dari validasi pakar ( dan data kuantitatif bersumber dari validasi pakar dan hasil uji coba pada siswa.Hasil Penelitian menujukkan bahwa (1) terdapat 2 kompetensi dasar yang digunakan dalam pengembangan, (2) terdapat perbedaan jumlah rubrik penilaian sebelum dan sesudah uji coba, (3) sebagian besar memiliki validitas isi sangat tinggi, (4) seluruh butir soal penilaian bernilai valid, (5) salah satu soal bernilai tinggi, (6) sebagian besar soal bernilai mudah, (7) Sebagian besar soal bernilai jelek, (8) dari penilaian portofolio, dapat diketahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi Microsoft Word. Hal ini dapat dilihat dari detil nilai siswa yang terdapat pada portofolio siswa. Serta terdapat kritik yang membangun dari guru dan orangtua yang pada nantinya dapat dijadikan acuan pada siswa untuk menjadi lebih baik di kemudian hari.

Downloads

Published

2013-08-31

Issue

Section

Articles