Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Group Investigation(GI) Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015

Authors

  • Ni Luh Eka Saptaridevi UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • I Gede Adi Saputra Yasa UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Made Windu Antara Kesiman Antara Kesiman UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Dessy Seri Wahyuni UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i6.19775

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan
hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan
menggunakan STAD berbantuan asesmen kinerja dan
kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan GI
berbantuan asesmen kinerja.
Rancangan penelitian ini adalah Posttest-Only
Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2014/2015.
Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MM-1
dan XI MM-2 yang berjumlah 46 orang masing – masing
kelas berjumlah 23 orang. Sebagai kelas eksperimen STAD
adalah kelas XI MM-2 dan kelas XI MM-1 sebagai kelas
eksperimen GI. Terdapat dua jenis variabel dalam
penelitian ini yaitu (1) variabel bebas adalah model
pembelajaran STAD dan GI berbantuan asesmen kinerja,
dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes
berupa asesmen kinerja untuk tes per pertemuan dan posttest.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji
normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi
normal dan homogen. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok
eksperimen STAD adalah 82,72 dan 87,93 untuk kelompok
belajar GI. Berdasarkan hasil analisis tersebut, model
pembelajaran GI berbantuan asesmen kinerja lebih efektif
diterapkan dibandingkan dengan menerapkan model
pembelajaran STAD berbantuan asesmen kinerja. Rata-rata
respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran
STAD adalah 75,65 dan GI adalah 76,70 sehingga respon
siswa terhadap model pembelajaran dan asesmen yang
diterapkan dapat dikatakan bernilai positif.

Downloads

Published

2014-12-01

Issue

Section

Articles