PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BOOK Permainan Tradisional “Bali”

Authors

  • I Wayan Wijaya Kusuma UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • I Gede Mahendra Darmawiguna UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • I Made Gede Sunarya UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i7.19782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk
memanfaatkan teknologi dengan cara
mengembangkan aplikasi yang dapat
digunakan sebagai media untuk membuat
permainan tradisional Bali secara lebih
interaktif dan menarik. Sehingga dapat
menarik minat masyarakat untuk menjaga
budaya Bali pada umumnya dan permainan
tradisional Bali pada khususnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian dan pengembangan (research and
development), untuk mengembangkan aplikasi
Augmented Reality Book Permainan Tradisional
Bali. Dalam mengembangkan aplikasi ini
menggunakan model waterfall sampai tahap
pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan
library vuforia yang mampu menggabungkan
benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata
dengan bantuan buku dan smartphone android
untuk menampilkan tata cara bermain
permainan tradisional beserta narasi dan lagu
pengiring.
Penelitian ini menghasilkan sebuah buku
yang berisikan tata cara bermain dan gambar
terkait permainan tradisional Bali, serta
aplikasi Augmented Reality Book berbasis
android yang mampu menampilkan permainan
tradisional tiga dimensi di atas gambar lengkap
dengan suara narasi penjelasan cara bermain,
dalam bahasa inggris serta lagu pengiring.
Sehingga aplikasi ini dapat dijadikan sebagai
media untuk memperkenalkan sekaligus
melestarikan kebudayaan.

Downloads

Published

2014-12-31

Issue

Section

Articles