Model Pembelajaran Examples Non-Examples Berbasis Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

I Gede Made Yoga Dwi Putra, I Wayan Wiarta

Abstract


Pembelajaran IPA yang dipelajari di sekolah dasar lebih menekankan pada konsep dasar untuk memperoleh pengetahuan, konsep, dan gagasan yang berkaitan dengan alam sekitar, sedangkan kenyataan di lapangan, proses pembelajaran di kelas yang kurang mengaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar, yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami pembelajaran IPA. Oleh karena itu digunakan pembelajaran examples non-examples berbasis lingkungan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaranexamples non-examples berbasis lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianeksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalaheksperimen semu dan menggunakan rancangan non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruhnyaberjumlah 13 kelas.Sampel penelitian dipilih menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitiansebanyak 42 orang siswa untuk kelompok eksperimen dan sebanyak 42 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan tes objektif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Gain Skor (GnS). Pengolahan data pada tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varians. Hasil  analisis uji hipotesis diperoleh thit5,16 > ttab (a=0,05,70) =1,99, maka hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh model pembelajaran examples non-examples berbasis lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA.


References


Agung,A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.Malang: Aditya

Media Publishing.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: Revisi taksonomi pendidikan Bloom.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Citra, Anggara, I Made. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Universitas Pendidikan Ganesha singaraja, tersedia pada : https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Model+Pembelajaran+Kooperatif+Tipe+TPS+Berbantuan+Peta+Konsep+terhadap+Penguasaan+Kompetensi+Pengetahuan+IPA&btnG= (diakses pada tanggal 20 oktober 2019)

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.

Mahza, Uno dan Nurdin. Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan P A I L K E M. Jakarta: Bumi Aksara.

Samatowa, Ahmad. 2016. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: PT Indeks

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiarta, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Pengua saan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Universitas Pendidikan Ganesha singaraja, tersedia pada : https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+model+penbelajaran+TTW+berbantuan+media+lingkungan+terhadap+penguasaan+kompetensi+pengetahuan+IPA+siswa+kelas+iv&btnG= (diakses pada tanggal 20 oktober 2019)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistka Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Prenamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.26105

Article Metrics

Abstract view : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.