Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

I Nyoman Agus Alit Suprianto

Abstract


Penelitian ini bermula dari hasil studi pendahuluan di kelas IV SD yang menunjukan bahwa masih banyak siswa yang nilai kompetensi pengetahuan IPA berada di bawah KKM. Selain itu belum diterapkannya model CRH. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CRH berantuan media Audio Visual dengan kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Jenis Penelitian yang dilakukan ialah kuantitatif dengan desain Eksperimen semu dan Rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh kelas IV yang ada di Gugus IV Kuta Utara yang terdiri dari 7 kelas. Sampel kelompok penelitian diambil dengan cluster random sampling. Kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran CRH berbantuan Media Audio Visual sebanyak 35 siswa dan sebanyak 34 siswa sebagai kontrol yang dibelajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Setelah dilakukan penelitian menunjukakan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan IPA kedua kelompok. Terbukti dari nilai rerata GnS kelompok eksperimen yaitu 0,80 lebih dari kelompok kontrol yaitu 0.54. dan setelah dianalisis menggunakan t-test dengan rumus polled varians. Diperoleh ananlisis datanya (thit=8,868 > ttab =1,998) dengan taraf kesukaran 0,05 dan (dk =35+34-2=64) maka Ha diterima yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok sampel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CRH berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian model ini dapat dijadikan bahan guru dalam memilih variasi saat proses pembelajaran dikarenakan sudah terbukti dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA.

References


Angara, I. M. C., Ardana, I. ketut, & Daresana, I. wayan. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education., 2(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15497

Aprilianawati, D. M., Nizaruddin, N., & Prayito, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Lectora Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4865

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Aryastruti, N. M., Suarni, N. K., & Kusmariyatni, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2).

Astuti, T., Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Crh Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 240–251. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17633

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. 8(2), 238–251.

Dewi, A. A. I. D. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Dewi, K. W., Sudana, D. N., & Rati, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.112

Diah Ratna Sari, K. A., Ngurah Wiyasa, K., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Diyanti, N. M., Suadnyana, I. N., & Ardana, I. K. (2017). = 4,77, sedangkan t. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Emilia DS BA, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Wiranata, I Made Japa, I Gusti Ngurah, 1(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2380

Hermawan, P., Kamsiyati, S., & Atmojo, I. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1(9).

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Belajar.

Julia Agustin, N. K. T., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148

Karwati, N. P. R., WIYASA, K. N., & Ardana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting. JIPP, 2(3).

Khasanah, U., . R., & Wijayanti, A. (2019). Keefektifan Model Course Review Horay (CRH) Berbantu Media Kartu Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17293

Kurniasih, I. dan B. S. (2016). Ragam Pengtembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Guru. Kata Pena.

Kurniasih, & Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum. Kata Pena.

Mitha, N. W. P., Meter, I. G., & Ardana, I. K. (2014). Model Pembelajaran Assure Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sd Gugus Letkol Wisnu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

P, I. W. A., Kusmariyatni, N., & Margunayana, I. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12422

Prameswari, K., Wiyasa, N., & Ganing, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Pramita, Y. M., Tastra, I. D. K., & Wibawa, I. M. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Pratama, G. H. A., Renda, N. T., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. Mimbar Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402

Rikawati, N. W., Japa, I. G. N., & Suartama, I. K. (2017). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V di Gugus II Kecamatan Kerambitan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha Kecamata. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Rosa, E., Gayatri, P., Bahar, A., & Handayani, D. (2017). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle ( 5e ) Dan Two Stay Two Stray Abstrak Jumlah siswa Hasil pretest pertemuan 1 Hasil pretest pertemuan 2 Hasil postest pertemuan 1 Hasil postest pertemuan 2 Rata-rata pretest Rata-rata postest Selisih. 1(1), 71–74.

Sari, I. G. A. K. D. puspita, Mahadewi, L. P. putrini, & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar Pgsd, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10875/6952

Septiawan, I. M. A. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 271. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16285

Suarni, N. K., Suadnyana, I. N., & I.G.A Agung Sri Asri. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Berbasis Media Lingkungan Alam Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Pedungan Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksa, 1 (1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Susanto, A. (2015). teori Belajara dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Syahrun dan Salim. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.

Tania, B., & Murni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 1 Pasie Raja. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1).

Wati, E. rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Wedanti, L. putu A., Putra, I. K. A., & Ardana, I. K. (2017). e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Widyani, N. M., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Saraswati 2 Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2242

Widyastiti, N. L. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Wijayanti, N. N. desi, Arini, N. W., & Suarni, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.26515

Article Metrics

Abstract view : 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.