Model Pembelajaran Master Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD

Ni Komang Indah Diantari, I Ketut Gading

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan hasil belajar IPA siswa masih berada di bawah KKM, guru belum bisa menciptakan susana belajar yang menyenangkan bagi siswa, daya ingat siswa rendah, siswa pasif dalam proses pembelajaran, belum diketahui apakah model pembelajaran MASTER berbantuan media mind mapping dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitianbertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan desain One Shot-Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD. Jumlah keseluruhan anggota populasi adalah 179 Siswa.  Sampel dalam penelitian ini diambil melalui undian dengan memilih satu kelas dari 8 kelas yang termasuk dalam populasi. Setelah dilakukan undian didapatkan kelas V sebagai sampel dalam penelitian ini. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPA berupa tes objektif tipe pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t Bruning. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SD (t = 7,696 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi kepada siswa, guru, sekolah, dan peneliti lainnya. Siswa yang awalnya cenderung pasif, pada pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran MASTER berbantuan media mind mapping menunjukan prilaku aktif selama megikuti pembelajaran. Model pembelajaran MASTER berbantuan media mind mapping memberikan pengaruh kepada cara guru dalam menyelenggrakan proses pembelajaran. Guru yang pada awalnya lebih banyak berbicara atau menjelaskan materi pelajaran, kini memberikan kesempatan tersebut kepada siswa.


References


Ali, D., Syarifudin, M., & Bakhtiar, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. 1–7. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2562/2185

Anggreni, Ni Made Dyan , Nyoman Dantes, & I. M. C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Master dan Asesmen Autentik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1187

Azizah, Dewi , Rizka Innayah, & D. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Master Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Di SMA N 1 Doro. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 16. https://jurnal.pekalongankota.go.id/index.php/litbang/article/viewFile/97/95

Collin, R. & M. J. N. (2002). Accelerated Learning For The 21STCentury Cara Belajar Cepat Abad XX.

Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2). https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Fimala, Y., & Miaz, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar The Correlation Between Motivation To Learn with Student Learning Outcomes in in Primary School. 8, 1–10.

Gading, i kt, dkk. (2018). Buku Ajar Belajar dan Pebelajaran. Undiksha Press.

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Motivasi Belajar IPA Di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249–263. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/12966.

Hasanah, T. A., Victoria, D. C., Anita, I., Pendidikan, I., & Langlangbuana, U. (2019). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. 2, 187–192.

Hurit, A. A., & Wati, M. L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2455

Juliandri, J., & Anugraheni, I. (2020). META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Jurnal Pedagogy, 7(2), 21–27.

Luh, N., & Suwidyastuti, N. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar. 24(3), 406–416.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1412/0

Najmi, H., Cicilia, Y., & Vebrianto, R. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Melalui Model Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SDN 193 Pekanbaru. 43–48.

Nazaruddin, N., Kartika, Y., & Novianti, N. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN Pengaruh Pembelajaran Master Berbantu Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 93–104. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/21223/pdf

Nurlaili, & O. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Master Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. https://ojs.unm.ac.id/semapfip/article/view/6112/pdf_23

Prameswari, S. D. (2020). PENGGUNAAN MODEL POE2WE BERBASIS METODE MIND MAPPING SEBAGAI PENINGKATAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES SAINS. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544

Qoyyimah, M., Kasiyun, S., Hidayat, M. T., & Ghufron, H. S. (2020). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SEKOLAH DASAR. 21(1), 1–9.

Rahmi, Lafita, Irwan, & M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Master Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 7(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/5556/2878

Risnajayanti, A. F. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT ANAK MELALUI KEGIATAN PETA PIKIRAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Jurnal Smartd PAUD, 1(1), 43–49.

Rosmalinda, D. (2019). Model MASTER dan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together : Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa. 2(1), 1–9.

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Yang Mendapatkan Teacher Centered Learning ( Tcl ) Dengan Student Centered Learning ( Scl ). INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/ybeux

Siagian, G. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sains Pengaruh Media Instructional Content Terhadap Hasil Belajar IPA X1. 1(1), 301–309.

Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Almiah dan Sosial Budayanya. Universitas Pendidikan Ganesha.

Subeni, L. (2018). Penerapan Konsep Accelerated Teaching Model MASTER untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Luwu. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 6(2). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1291/1151.

Syariah, E. N., Mahromiyati, M., Sandiyansah, M. F., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis Mengenai Ciri-ciri Belajar Siswa SD yang Memiliki Kemampuan Daya Ingat Tinggi. NUSANTARA, 2, 71–74.

Utomo, B. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmu Pendidikan Dna Kependidikan, 8(1), 13–26.

Wahyuni, K. P., Mertasari, N. M. S., & Gita, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Master Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19923

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 222–232. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Warahmah, Mawaddah, Mawardi, N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Dengan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Banda Aceh. IM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1),




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.26565

Article Metrics

Abstract view : 492 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.