Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media PowerPoint Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD

Ni Nyoman Ratna Ayu Kartika, I Ketut Ardana

Abstract


Muatan materi IPA menjadi perhatian khusus dalam bidang pendidikan khusunya di SD. Hal ini dikarenakan pendidikan IPA di SD akan menjadi dasar pengetahuan pada jenjang pendidikan berikutnya mengikuti pembelajaran, siswa masih ragu-ragu dan malu dalam mengungkapkan pendapatnya dan siswa cenderung lebih menghafal materi pembelajaran IPA dibandingkan memahami materi yang dipelajari. Dengan permasalahan tersebut, maka tentu akan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa.  Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan sebuah inovasi-inovasi baru dan model pembelajaran yang bervariasi. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media PowerPoint terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini sebanyak 6 kelas V SD yang terdiri atas 212 siswa kelas V. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 76 orang yaitu 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dengan rumus Fisher. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,919 > ttabel = 1.993 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74, sehingga tolak Ho yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media PowerPoint dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 73,769 > = 68.405 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media PowerPoint berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.

 


References


Anindya, I. A. W., Mahrus, M., & Hadiprayitno, G. (2020). Hubungan Kemampuan Metakognisi Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smp Negeri 2 Kuripan. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 66–73. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/7435

Ariyasa, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tulamben. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Genesha, 2(1).

Aswat, H. (2019). Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri I Topa Kabupaten Buton. Selecta Education Jurnal, 2(1), 1–17. Retrieved from http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/selectaeducationjurnal/article/download/156/118

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 2(2), 73–83. https://doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1320

Daryati, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tornament (Tgt) Dengan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas Iii Sdn Ligar Manah Cipeundeuy. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 16–26. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/638

Dewi, P. K. S., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/26439

Haerini, R., Fauzan, G. A., &, & Bernard, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smp Di Era Teknologi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 229–236.

Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA 2018: Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia? Kompas.Com. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia.

Hasanah, N., Buchori, A., Prasetyowati, D., & Nursyahidah, F. (2019). Efektivitas model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan reciprocal teaching berbantuan game edukasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 92–101. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/17157

Marbun, S. M. (2018). Psikologi Pendidikan. (Fungky, Ed.). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Misla, & Mawardi. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis, 4(1), 64–69.

Movitaria, M. A., & Shandra, Y. (2019). Penggunaan Ms Powerpoint Berbasis Animasi Terhadap Motivasi Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1). Retrieved from https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semdiksa/article/view/73

Munir. (2012). Multimedia dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rifki, M., Pramudya, I., & Kurniawati, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika Solusi, 2(4), 254–258. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/22686

Sagitarini, N. M. D., & Ardana, I. K. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/26432

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastut. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1572—1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796

Sarwendah, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Model Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Gedangan Tahun Ajaran 2018/2019. Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6047/

Setianingsih, A., & Dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 3(3).

Suciantari, R. (2014). Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Abiansemal. Mimbar PGSD, 2(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian (28th ed.). Bandung: Cv. ALFABETA.

Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelejaran SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.

Supianto, S. (2019). Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Dengan Menggunakan Media Powerpoint Pada Materi Bentuk Pangkat, Akar, Dan Logaritma Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Binjai Tahun. In Inovasi Pembelajaran Matematika Di Era 4.0. Retrieved from http://econference.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/matematika/IPME/paper/view/698

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sutarno, N. (2008). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.26585

Article Metrics

Abstract view : 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.