Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Anak pada saat Pembelajaran Daring

Vida Yunita Lestari, Didith Pramunditya Ambara

Abstract


Kurang maksimalnya proses pembelajaran yang diberikan oleh guru secara daring mengakibatkan perlunya pemahaman orang tua akan hal tersebut. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran daring yaitu pola asuh orang tua dan disiplin belajar anak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar anak pada saat pembelajaran daring. Penelitian menggunakan rancangan penelitian ex-post facto dengan populasi berjumlah 93 orang. Teknik sampeling pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga menghasilkan sampel sebanyak 75 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Kuesioner Pola Asuh Orang Tua dan Kuesioner Disiplin Belajar. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar anak pada saat pembelajaran daring sebesar 55,7%. Maka dapat disimpulkan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap disiplin belajar anak pada saat pembelajaran daring, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Keywords


Pola Asuh; Disiplin Belajar

References


Adinoto, P. (2019) ‘PENGARUH KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN, DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR’, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), p. 53. doi: 10.23887/jipp.v3i1.17110.

Anggraini, D. (2017) ‘Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), pp. 1650–1655. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Aziz, O. F. (2019) ‘Peranan Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga (Studi Kasus Di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan)’, Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), pp. 158–171. doi: 10.21831/diklus.v1i2.23867.

Darmadi (2017) Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: cv. Budi Utama.

Djamarah, S. B. (2014) Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dwiarwati, K. A. and Dantes, N. (2015) ‘Kontribusi Intensitas Hubungan Dalam Pola Asuh Orang Tua Dan Adversity Quotient Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Singaraja’, e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume, 2(1). Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/3728/2987.

Fitriani, D. (2015) ‘HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN POLA ASUH KELUARGA’, 1, pp. 42–55. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19566/11669.

I Gusti Agung Ayu Wulandari and Gusti Ngurah Sastra Agustika (2020) ‘Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha)’, Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), pp. 515–526.

Kadek Ratna Negara, N. et al. (2020) ‘Pengaruh Pola Asuh Autoritatif Orang Tua Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter’, Ivcej, 3(1), pp. 47–53. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27416.

Kurniasari, A. (2015) ‘Kekerasan Versus Disiplin dalam Pengasuhan Anak’, Sosio Informa, 1(2), pp. 141–159.

Lilawati, A. (2020) ‘Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 549. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.630.

Martsiswati, E. and Suryono, Y. (2014) ‘Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), p. 187. doi: 10.21831/jppm.v1i2.2688.

Munawaroh, S. (2016) erilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP.

Nugraheni, S. (2019) ‘HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA’, Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), pp. 30–36. doi: 10.23887/jlls.v2i1.17317.

Oktarini, K., Suarjana, I. M. and Arini, N. W. (2019) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika’, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(2), p. 76. doi: 10.23887/jp2.v1i2.19326.

Prabhawani, S. W. (2016) ‘Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah DI TK Khalifah’, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), pp. 205–218.

Pramesti, E. D. and Khotimah, N. (2016) ‘Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 4-6 Tahun’, Jurnal PAUD Teratai, 05(03), pp. 187–190.

Pratama, K., Dantes, N. and Sulastri, M. (2015) ‘Kontribusi intensitas hubungan dalam pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional terhadap kecenderungan perilaku meyimpang’, e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1). Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/3911/3124.

Purnia Dewi, T., Dwikurnaningsih, Y. and Irawan, S. (2019) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri Terhadap Kemandirian Memilih Karir Mahasiswa’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), p. 18. doi: 10.23887/jppp.v3i1.17096.

Puspitasari, D., Kristiantari, M. G. R. and Asri, I. G. A. A. S. (2018) ‘Siswa Kelas Vi Sd’, KORELASI POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VI SD, 23(1), pp. 22–32. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16404/9823.

Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M. and Juniartina, P. P. (2018) ‘PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), p. 80. doi: 10.23887/jppsi.v1i2.17215.

Ramadona, M., Anjani, A. R. and Putriani, R. (2020) ‘Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Smk Teknindo Jaya Depok’, Research and Development Journal of Education, 6(2), p. 13. doi: 10.30998/rdje.v6i2.4531.

Rizqi, A. T. and Sumantri, M. (2018) ‘Hubungan antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar ipa’, 3(2), pp. 145–154. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18071/10768.

Setiawati, E. (2015) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa’, Journal of Elementary Education, 4(1), pp. 61–38.

Shochib, M. (2014) Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Shochib, M. (2017) Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutrisna Dewi, K. M., Suwatra, I. W. and Suarjana, M. (2019) ‘KONTRIBUSI DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA’, Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), pp. 121–130. doi: 10.23887/jlls.v2i1.17328.

Wibowo, A. (2012) Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pedagigia.

Yusdiani, N., Sulaiman, U. and Seknun, Y. (2018) ‘Penanaman Budaya Disiplin Terhadap Peserta Didik Kelas Vi Mis Guppi Laikang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba’, Inspiratif Pendidikan, 7(2), p. 233. doi: 10.24252/ip.v7i2.7856.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i3.34854

Article Metrics

Abstract view : 1741 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.