Mengemas Pembelajaran Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda dalam Video Berbasis Praktik

I Made Yogi Adi Guna, Ndara Tanggu Renda, I Gde Wawan Sudatha

Abstract


Pembelajaran dimasa covid-19 kurang memberikan pengalaman belajar yang menarik. Minimnya media pembelajaran berdampak kurang kontekstualnya pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan diadakan pengembangan; menciptakan produk, memperjelas proses pengembangan, mendeskripsikan validitas dan respon siswa. Jenis penelitian dan pengembangan melalui desain model 4D. Ahli isi, media, desain, dan uji respon siswa sebanyak 23 orang sebagai subjek. Metode pengumpulan data yakni kuesioner untuk mendeskripsikan validitas dan respon siswa berupa instrumen non-tes berbentuk pernyataan bernilai skala lima. Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian: produk video melalui proses pengembagan 4D dengan validitas isi materi pembelajaran I memperoleh rata- rata 4,35 kategori baik dan ahli II rata- rata 4.85 kategori sangat baik, desain memperoleh rata-rata validitas 4.82 kategori sangat baik, dan media pembelajaran dengan rata-rata 4.65 kategori sangat baik dan respon siswa = 87.71% kategori sangat  baik. Simpulan yang diperoleh dihasilkan video pembelajaran dinyatakan valid pada kategori sangat baik dan respon siswa pada kategori sangat baik

Keywords


Video; kalor; suhu; benda; IPA

References


Ade, H., & Darmawat, H. (2020). Video Pembelajaran IPA/MI Berbasis Sumber Daya Alam Lokal Kota Ternate. Humano, 11(2), 94. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/article/view/2362

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403

Almurashi, W. A. (2016). The Effective Use Of Youtube Videos For Teaching English. International Journal of English Language and Linguistics Research, 4(3), 32–47. https://doi.org/2085-3750

Amir, M., Muris, & Arsyad, M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 202–213. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1756

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. 7(1), 103–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357

Arif, Praherdhino, & Adi. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329–335. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p329

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2019). Pengembangan Media pembelajaran Virtual Reality Pada materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. JDPP, 8(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Astika, R. T., Astra, I. M., Makmuri, M., Sumarni, S., Andika, W. D., & Palupi, E. K. (2019). Survey of Elementary School Teacher Needs on Video Learning Mathematics Based on Contentextual Teaching and Learning in Pelembang City. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 251–260. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4936

Boateng, R., Boateng, S. L., Awuah, R. B., Ansong, E., & Anderson, A. B. (2016). Videos In Learning In Higher Education: Assessing Perceptions and Attitudes Of Students At The University of Ghana. Smart Learning Environments, 3(1), 1. https://doi.org/10.1186/s40561-016-0031-5

Chaeruman, U. A. (2016). Instrumen evaluasi media pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, December, 1–15. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14419.12329

Chen, H. T. M., & Thomas, M. (2020). Effects of lecture video styles on engagement and learning. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2147–2164. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09757-6

Costley, J., Fanguy, M., Lange, C., & Baldwin, M. (2021). The effects of video lecture viewing strategies on cognitive load. Journal of Computing in Higher Education, 33(1), 19–38. https://doi.org/10.1007/s12528-020-09254-y

Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo di Mada Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628

Erica, W., & Matthew, B. D. (2018). Research As Storytelling: The Use of Video For Mixed Methods Research. The Journal of Politics, 48(2), 490–492. https://doi.org/10.2307/2131115

Giannakos, M. N., Sampson, D. G., & Kidziński, Ł. (2016). Introduction To Smart Learning Analytics: Foundations And Developments In Video-Based Learning. Smart Learning Environments, 3(1), 9. https://doi.org/10.1186/s40561-016-0034-2

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Higgins, J., Moeed, A., & Eden, R. (2018). Video as a mediating artefact of science learning: cogenerated views of what helps students learn from watching video. Asia-Pacific Science Education, 4(1). https://doi.org/10.1186/s41029-018-0022-7

Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Lentera Sains, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 159.

Kosterelioglu, I. (2016). Student Views on Learning Environments Enriched by Video Clips. Universal Journal of Educational Research, 4(2), 359–369. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040207

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.193

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Mastura, & Rustan, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Obagah, R. R., & Brisibe, W. G. (2017). The Effectiveness of Instructional Videos in Enhancing Learning Experience of Architecture Students in Design and Drawing Courses: A Case Study of Rivers State University, Port-Harcourt. International Journal of Education and Research, 5(11), 33–46. https://www.ijern.com/journal/2017/November-2017/04.pdf

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Parida, L., Sahono, B., & Sapri, J. (2019). Pengaruh Pembelajaran Video Tutorial terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan, Teknologi, 8(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/diadik.v8i1.7002

Permatasari, K., Degeng, I. N., & Adi, E. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p268

Pramana, I. P. A., Tegeh, I. M., & Agung Gede Agung A. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI DI SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631

Prapto. (2020). 60 Persen Guru Kesulitan PJJ. Radar Cirebon. https://www.radarcirebon.com/2020/10/24/60-persen-guru-kesulitan-pjj/

Preradović, N. M., Lauc, T., & Panev, I. (2020). Investigating Interactivity In Instructional Video Tutorials For An Undergraduate Informatics Course. Issues in Educational Research, 30(1), 200–223. https://www.iier.org.au/iier30/mikelic-preradovic.pdf

Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Getaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(2), 91. https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91-101

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073

Saputra, I. M. P., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Hannafin And Peck Bermuatan Ipa Kelas IV. 26(1), 88–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085

Simanullang, M. (2018). The effect of applying video on the Students’ English Pronunciation Accuracy at the Fifth Semester Students at the English Study Program of the Teacher’s Training and Education Faculty the University of Sisingamangaraja XII Tapanuli in Academic Year 2018/. International Journal of English Literature and Social Sciences, 3(6), 1000–1007. https://doi.org/10.22161/ijels.3.6.13

Surahman, F, Utami, R. & D. T. (2020). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema Cuaca Subtema Perubahan Cuaca Untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 1. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/118

Tarida, L., & Indriyani. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving sebagai Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(1), 16–20. https://amn.ac.id/ojs/index.php/saintara/article/view/88

Vindaswari, R. F., & Ulfah, A. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 148. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154

Wedyawati, Nelly, & Y, L. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (p. 30). Deeppublisher.

Wibawa, B., & Muhidin, A. (2021). The effect of instructional videos on learning performance. AIP Conference Proceedings, 2331, 1. https://doi.org/10.1063/5.0041759

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i3.36715

Article Metrics

Abstract view : 1272 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Mimbar Ilmu indexed by:


Akreditasi SINTA   Crossref 

Creative Commons License

Mimbar Ilmu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.