Kolerasi antara Self Esteem dengan Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28704Abstract
Rendahnya prestasi Bahasa Inggris yang disebabkan oleh self estem sehingga mahasiswa merasa dirinya sulit untuk merasa dihargai dan diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kolerasi antara Self Esteem dengan prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi. Teknik pengambilan sampelnya menggunanakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah survey dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan nilai signifikasi F sebesar 0,00 1 lebih kecil dari α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Self Esteem mampu memprediksi Prestasi Belajar mahasiswa Program Studi pendidikan bahasa inggris. Self Esteem berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa semakin tinggi tingkat self esteem semakin tinggi prestasi belajar Bahasa Inggris.References
Abbas, N. (2000). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika di SMU. [On line] tersedia : http://www.depdiknas.go.id/jurnal/51/040429%20-ed-20%nurhayati penerapan%20%model%20pembelajaran.pdf
Adirestuti, Fitranty (2019). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan Vol. 4, No. 1, pp 54-67. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.386
Ahmadi dan Supriyono, W. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Alfiana , (2016). Harga diri Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Malang: skrispsi psikologi
Coopersmith. (1967). The Antecedent Of Self Esteem. San Fransisco : Freeman & Company.
Dayakisni T, dan Hudaniah. (2006).Psikologi Sosial. Malang. UMM Press.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Semarang: Universitas Diponegoro.
Irawaty, Neny (2012) Hubungan Antara harga diri (Self Esteem) dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 48 Jakarta Timur. Jurnal Econosain Vol. X No. 2, 193-210. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04
Martin, J.A, Nunez, J. L., Navarro, J. G., & Grijalvo, F. (2007). The Rosenberg Scale: Translation and Validation in University Students. The Spanish Journal of Psychology. 10, 458-46 DOI: https://doi.org/10.1017/S1138741600006727
Novianti, F. (2012). Hubungan antara harga diri dengan minat membeli pakaian import secound pada mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Malang: skrispsi psikologi
Nasution, dkk. (2002) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Sangung Seto.
Rosenberg, M., Schooler, C., & Schoenbach, C. (1989). Self-esteem and adolescen problems: Modeling reciprocal effects. American Sociological Review, 54, 1004-1018. http://dx.doi.org/10.2307/2095720
Sudjana, N. (2006) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sardjiman. (2007). Kendala dan Masalah Dalam Belajar. Semarang : Aneka ilmu.Syam, Amri (2017). Pengaruh Kepercyaaan Diri Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiah Parepare).Jurnal Biotek Vol.5.,No. 1, 87-102 DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3448
Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rhineka Cipta
Sugiyono. 2018.Metodoe Penelitian Bisnis, Bandung : CV. Alfa beta
Winkel. (2004) Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.