Kolerasi antara Self Esteem dengan Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Authors

  • Komang Meliawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28704

Abstract

Rendahnya prestasi Bahasa Inggris yang disebabkan oleh self estem sehingga mahasiswa merasa dirinya sulit untuk merasa dihargai dan diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kolerasi antara Self Esteem dengan prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi. Teknik pengambilan sampelnya menggunanakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah survey dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan nilai signifikasi F sebesar 0,00 1 lebih kecil dari α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Self Esteem mampu memprediksi Prestasi Belajar mahasiswa Program Studi pendidikan bahasa inggris. Self Esteem berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa semakin tinggi tingkat self esteem semakin tinggi prestasi belajar Bahasa Inggris.

References

Abbas, N. (2000). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika di SMU. [On line] tersedia : http://www.depdiknas.go.id/jurnal/51/040429%20-ed-20%nurhayati penerapan%20%model%20pembelajaran.pdf

Adirestuti, Fitranty (2019). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan Vol. 4, No. 1, pp 54-67. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.386

Ahmadi dan Supriyono, W. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Alfiana , (2016). Harga diri Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Malang: skrispsi psikologi

Coopersmith. (1967). The Antecedent Of Self Esteem. San Fransisco : Freeman & Company.

Dayakisni T, dan Hudaniah. (2006).Psikologi Sosial. Malang. UMM Press.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Semarang: Universitas Diponegoro.

Irawaty, Neny (2012) Hubungan Antara harga diri (Self Esteem) dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 48 Jakarta Timur. Jurnal Econosain Vol. X No. 2, 193-210. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04

Martin, J.A, Nunez, J. L., Navarro, J. G., & Grijalvo, F. (2007). The Rosenberg Scale: Translation and Validation in University Students. The Spanish Journal of Psychology. 10, 458-46 DOI: https://doi.org/10.1017/S1138741600006727

Novianti, F. (2012). Hubungan antara harga diri dengan minat membeli pakaian import secound pada mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Malang: skrispsi psikologi

Nasution, dkk. (2002) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Sangung Seto.

Rosenberg, M., Schooler, C., & Schoenbach, C. (1989). Self-esteem and adolescen problems: Modeling reciprocal effects. American Sociological Review, 54, 1004-1018. http://dx.doi.org/10.2307/2095720

Sudjana, N. (2006) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sardjiman. (2007). Kendala dan Masalah Dalam Belajar. Semarang : Aneka ilmu.Syam, Amri (2017). Pengaruh Kepercyaaan Diri Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiah Parepare).Jurnal Biotek Vol.5.,No. 1, 87-102 DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3448

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rhineka Cipta

Sugiyono. 2018.Metodoe Penelitian Bisnis, Bandung : CV. Alfa beta

Winkel. (2004) Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Meliawati, K. (2020). Kolerasi antara Self Esteem dengan Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mimbar Ilmu, 25(3), 422–430. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28704

Issue

Section

Articles