Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28931Abstract
Kurangnya bahan ajar menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar secara mandiri. Selain itu belum adanya bahan ajar inovatif yang menarik minat siswa dalam belajar. Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berbasis CTL pada mata pelajaran komputer akuntansi accurate. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Four-D yang terdiri dari empat langkah yaitu define, design, develop, and disseminate. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data didapatkan bahwa validator memperoleh presentase rata-rata kelayakan materi 86,18%, kelayakan bahasa 85,24% dan kelayakan grafis 94,92% sehingga kesimpulan kelayakan buku ajar adalah 88,78% dengan kriteria “sangat layak”. Buku ajar berbasis CTL pada mata pelajaran komputer akuntansi accurate mendapat respon peserta didik sebesar 94,5% dengan krteria “sangat memahami”. Sehingga, penelitian ini menyimpulkan bahwa buku ajar berbasis CTL pada mata pelajaran komputer akuntansi accurate “sangat layak” dimanfaatkan dalam pembelajaranReferences
Ariana, Situmorang, & Krave. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202.
Fadillah, & Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswasyarifah. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 106–108. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8379/pdf.
Hidayati, Y. M. (2012). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Metode Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di Sd Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 86–94. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/919
Mansyur, U. (2016). INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Retorika, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103
Purnomo, & Nugraheni. (2019). Pengembangan Modul Tari Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Tari. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 119–127. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.14157
Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 128–138.
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Syafii. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ornamen Berbasis Candi di Jawa Tengah: Studi Identifikasi Candi Gedongsanga. Imajinasi Jurnal Seni, 11(2), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i2.12813.
Tegeh, I.M., dkk. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE.
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90.
Wirdaningsih, S., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Jurna Nasional Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535.
Wulandari, D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Urnal Pendidikan Vokasi, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Yasa, Chrisyarani, & Mudiono. (2018). E-module Based on Ncesoft Flip Book Maker for Primary School Students. International Journal of Engineering & Technology, 7(3), 286–289. Retrieved from https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/19973/9312
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.