Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate

Authors

  • Ida Ambarwati Universitas Negeri Surabaya
  • Rochmawati Rochmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28931

Abstract

Kurangnya bahan ajar menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar secara mandiri. Selain itu belum adanya bahan ajar inovatif yang menarik minat siswa dalam belajar. Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berbasis CTL pada mata pelajaran komputer akuntansi accurate. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Four-D yang terdiri dari empat langkah yaitu define, design, develop, and disseminate. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data didapatkan bahwa validator memperoleh presentase rata-rata kelayakan materi 86,18%, kelayakan bahasa 85,24% dan kelayakan grafis 94,92% sehingga kesimpulan kelayakan buku ajar adalah 88,78% dengan kriteria “sangat layak”. Buku ajar berbasis CTL pada mata pelajaran komputer akuntansi accurate mendapat respon peserta didik sebesar 94,5% dengan krteria “sangat memahami”. Sehingga, penelitian ini  menyimpulkan bahwa buku ajar berbasis CTL pada mata pelajaran komputer akuntansi accurate “sangat layak” dimanfaatkan dalam pembelajaran

Author Biographies

Ida Ambarwati, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi

Rochmawati Rochmawati, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi

References

Ariana, Situmorang, & Krave. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202.

Fadillah, & Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswasyarifah. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 106–108. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8379/pdf.

Hidayati, Y. M. (2012). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Metode Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di Sd Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 86–94. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/919

Mansyur, U. (2016). INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Retorika, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103

Purnomo, & Nugraheni. (2019). Pengembangan Modul Tari Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Tari. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 119–127. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.14157

Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960

Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 128–138.

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Syafii. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ornamen Berbasis Candi di Jawa Tengah: Studi Identifikasi Candi Gedongsanga. Imajinasi Jurnal Seni, 11(2), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i2.12813.

Tegeh, I.M., dkk. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE.

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90.

Wirdaningsih, S., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Jurna Nasional Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535.

Wulandari, D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Urnal Pendidikan Vokasi, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yasa, Chrisyarani, & Mudiono. (2018). E-module Based on Ncesoft Flip Book Maker for Primary School Students. International Journal of Engineering & Technology, 7(3), 286–289. Retrieved from https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/19973/9312

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Ambarwati, I., & Rochmawati, R. (2020). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate. Mimbar Ilmu, 25(3), 483–494. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28931

Issue

Section

Articles