Kesiapan E-Modul Manajemen Olahraga Berbasis Komputer dalam Konteks Pandemi Covid-19

Authors

  • Ali Mardius Universitas Bung Hatta
  • Katsran Zallaf Universitas Bung Hatta
  • Meuthia Rezika Siswara Universitas Bung Hatta
  • Ashabul Kahairi Universitas Bung Hatta
  • Jefri Riswar Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.36844

Keywords:

E-Modul Manajemen Olahraga Berbasis Komputer

Abstract

Masih banyak di antara mahasiswa yang memiliki nilai rata-rata di bawah standar yang diberikan. Sehingga berdampak pada nilai yang didapatkan dengan rata-rata nilai C. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memberikan dampak negatif seperti bermain game, social media dan lebih banyak menonton youtube serta kegiatan yang lain yang menunjukkan adanya kecanduan game. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kesiapan e-modul manajemen olahraga berbasis komputer dalam konteks pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model IDI. Namun, tahap implementasi dan tahap evaluasi pada penelitian ini tidak dapat dilaksanakan karena pandemi COVID-19, keterbatasan waktu, sumber daya dan biaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan melakukan analisis pada e-modul manajemen olahraga. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung > dari t tabel (128,0 > 2,57) dengan kesimpulan H1 yang E-modul Manajemen Olahraga besar dari nilai 80 dapat diterima. Maka, nilai rata-rata nilai capaian dengan mengunakan E-modul Manajemen Olahraga adalah 85.33, yang dibulatkan menjadi 85 berada pada interval 81-100 dengan interpretasi sangat efektif. Pada tahap pratikalitas atau uji coba mahasiswa dikatergorikan E-modul sangat praktis dan efektif.

References

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230.

Amini, Ri., & Oktarisma, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835–841. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Desira, Khaldun, I., Maulana, I., Habibati, & Ismyani, A. (2020). The effectiveness of an interactive module in improving students ’ conceptual understanding of acid-base titration The effectiveness of an interactive module in improving students ’ conceptual understanding of acid-base titration. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012092.

Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 86–91. https://doi.org/10.15294/ijal.v3i2.13003.

Hafsah, N. R., Rohendi, D., & Purnawan, P. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Ismi, L. (2019a). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Ismi, L. (2019b). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.

Jannah et al. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.

Kolta, M. F., & Ghonimy, M. B. I. (2020). COVID-19 variant radiological findings with high lightening other coronavirus family (SARS and MERS) findings: radiological impact and findings spectrum of corona virus (COVID-19) with comparison to SARS and MERS. Egyptian Journal of Radiology and Nuclear Medicine, 51(1). https://doi.org/10.1186/s43055-020-00262-7.

Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of Using E-Module and E-Assessment. 13(9), 21–39.

Liu, Q., Huang, J., & Zhou, Z. (2020). Self-expansion via smartphone and smartphone addiction tendency among adolescents: A moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 119(June), 105590. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105590.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Oyedotun, T. D. (2020). Sudden change of pedagogy in education driven by COVID-19: Perspectives and evaluation from a developing country. Research in Globalization, 2(June), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Patricia Aguilera-Hermida, A. (2020). College students’ use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.

Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. (2021). Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic: A survey of Pakistani LIS students. The Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.

Rasmussen, E., Goddard, A. G., & Bayer, D. K. (2020). Use of electronic learning modules can improve medical trainee knowledge regarding anaphylaxis diagnosis and treatment. Annals of Allergy, Asthma and Immunology, 124(3), 295-296.e1. https://doi.org/10.1016/j.anai.2019.12.018.

Remuzzi, A., & Remuzzi, G. (2020). COVID-19 and Italy: what next? The Lancet, 395(10231), 1225–1228. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30627-9.

Safitri, W. L., Darma, Y., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Metode Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Segi Empatdan Segitiga Siswa SMP. Jurnal Numeracy, 8(1), 25–40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1333.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Samaha, M., & Hawi, N. S. (2016). Computers in Human Behavior Relationships among smartphone addiction , stress , academic performance , and satisfaction with life. Computers in Human Behavior, 57, 321–325. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.045.

Suwasono. (2013). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/tk.v36i1.4070.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438.

Wong, G. L. H., Wong, V. W. S., Thompson, A., Jia, J., Hou, J., Lesmana, C. R. A., Susilo, A., Tanaka, Y., Chan, W. K., Gane, E., Ong-Go, A. K., Lim, S. G., Ahn, S. H., Yu, M. L., Piratvisuth, T., & Chan, H. L. Y. (2020). Management of patients with liver derangement during the COVID-19 pandemic: an Asia-Pacific position statement. The Lancet Gastroenterology and Hepatology, 5(8), 776–787. https://doi.org/10.1016/S2468-1253(20)30190-4.

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid 19). Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Mardius, A., Zallaf, K., Siswara, M. R., Kahairi, A., & Riswar, J. (2021). Kesiapan E-Modul Manajemen Olahraga Berbasis Komputer dalam Konteks Pandemi Covid-19. Mimbar Ilmu, 26(3), 461–465. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.36844

Issue

Section

Articles