Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual

Penulis

  • Anak Agung Istri Kristiana Dewi Unibersitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388

Abstrak

Kurangnya keterampilan berbicara yang dimiliki oleh siswa khususnya bahasa Indonesia, disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya secara lisan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan eksperimen jenis Pre-Eksperimental Designs dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 32 orang. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh. Data keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes keterampilan berbicara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 15,722 sedngkan ttabel = 2,042. Hal ini menandakan bahwa thitung = 15,722 > ttabel = 2, 042 maka H0 ditolak. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Role Playing berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa. Temuan ini berimplikasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa.

Biografi Penulis

Anak Agung Istri Kristiana Dewi, Unibersitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Agung, A. A. G. (2016). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Deepublish.

Amran, Jasin, I., Perkasa, M., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Untuk Generasi Indonesia Abad 21. Lentera Pendidikan, 22(2), 233–242. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i5

Arsyad. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual. 41–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Beta, P., Artikel, H., & Peran, M. B. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. CJPE : Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118

Dewi, T. A. (2017). Efektivitas Model Role Playing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 95–104. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.850

Dewi, T. R., Tegeh, I. M., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gusus III Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10874

Dharmawan, D. W., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3113

Fatimah, D. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.15294/jubk.v4i1.6871

Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.6-12

Helwa Hanin, N., & Irfan Islamy, M. (2020). Reading Literacy Movement in Elementary School / Gerakan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 93. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.418

Henridiansyah, J. (2012). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Kecap Pedas ABC di Kota Semarang). Jurnal STIE Semarang, 4(2), 53–73.

Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431–442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208

Hidayat, M. ., Basuki, I. ., & Akbar, S. (2018). Gerakan literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 984–988. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa Di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 166. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 198–203. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12289

Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & Sb, N. S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pgsd Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity Dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1), 83–94. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.15095

Oktivianto, O. I., Hudaidah, H., & Alian, A. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 113. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p113-118

Purwono, Joni, D. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Kuliah Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Rosnawati, Atmaja, H. ., & Suhandini, P. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermain Peran Untuk Peningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Kelas V Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan. Journal of Primary Education, 4(2), 147–151. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v4i2.10977

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131

Sauma, R. S., Susilaningsih, E., & Haryani, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Pada Presentasi Tugas Dengan Teknik Peer Assessment. Chemistry in Education, 6(2), 23–28.

Setyawan, D., & Gusdian, R. I. (2020). Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS). E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 299–306. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.4263

Sidi, J., & Mukminan, M. (2016). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 53–72. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9903

Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116

Udin, K., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2018). Koordinasi Eksternal Dinas Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Tentang Implementasi Sistem Satu Arah Dikota Bogor. Jurnal Governansi, 3(2), 63. https://doi.org/10.30997/jgs.v3i2.920

Ulfiyani, S. (2016). Pemaksimalan Peran Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah. Transformatika, 12(2), 105–113. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika/article/download/194/145

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI Sma Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 81. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Wardana. (2018). Peningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Standar Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kolegial Teknik Kunjungan Antar Kelas. Jurnal Tarbawi, 15(1), 93–112. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.721

Wicaksana, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11074

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Kristiana Dewi, A. A. I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388

Terbitan

Bagian

Articles