Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626Kata Kunci:
model pembelajaran, minat belajar, hasil belajarAbstrak
Peserta didik mengalami kesulitan dalam melakukan senam lantai. Hal ini disebabkan proses pembelajaran senam lantai masih terpusat pada guru dan rendahnya aktivitas siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik kelas V SD. Rancangan penelitian quasi experimental ini dilakukan dengan pendekatan “treatment by level” dengan desain faktorial 2 x 2. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang terbagi dalam 2 kelompok, minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANCOVA. Hasil analisis data penelitian menunjukkan peserta didik dengan minat belajar tinggi, yang menggunakan model pembelajaran PBL mempunyai hasil belajar senam lantai lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini berdampak pada terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan berpengaruh pada hasil belajar.
Referensi
A.Montepara, C., G.Woods, A., & W.Wolfgang, K. (2021). Problem-Based Learning Case Studies: Delivery of an Educational Method and Perceptions at Two Schools of Pharmacy in Italy. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 6, 717–722. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2021.01.026.
Afifah, E. P., Wahyudi, & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95–107. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859.
Bukhari, K., Efendi, Z. M., & Jama, J. (2019). The Development of Physical and Sport Education Learning Model by Using Small Games. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012014.
Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70.
Collis, J. M., & Messick, S. (2001). Intelligence and Personality: Bridging the Gap in Theory and Measurement. Lawrence Erlbraum Associates.
Dakabesi, D., Supiah, I., & Luoise, Y. (2019). The Effect of Problem Based Learning Model on Critical Thinking Skills in the Context of Chemical Reaction Rate. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(3), 395–401. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i3.13887.
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275.
Dwi, Arif, & Sentot. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemecahan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2575.
Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. CV. Wacana Prima.
Halilaj, B., Madić, D., & Sporiš, G. (2018). Gymnastics Skill Level and Fitness in Students Selected for Physical Education Programs. Croatian Journal of Education, 20(3), 825–841. https://doi.org/10.15516/cje.v20i3.2985.
Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175.
Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14.
Indra, R. C., Hartanto, P. D., Kusumaningtyas, D. A., Ali, R. M., & Muchlas. (2021). Community Radio-Based Blended Learning Model: A Promising Learning Model in Remote Area during Pandemic Era. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07511.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574.
Khoiri, N., Huda, C., & Wiyanto, W. (2020). Building Cognitive and Affective Learning Outcomes on the Concept of Linear Motion through Ticker Timer Experiment Using Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 268 – 282. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.9006.
Khoiruzzadim, Barokahm, & Kamilaa. (2020). Upaya Guru dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828.
Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143.
Lengo, M. D., & Djam, J. J. A. (2019). Jurnal Inspirasi Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 85–94. https://doi.org/10.21831.
Lestari, K. R. (2013). Model Pembelajaran Koperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/333.
Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536.
Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194.
Masithoh, D. (2018). Teachers’ Scientific Approach Implementation in Inculcating the Students’ Scientific Attitudes. Jurnal Prima Edukasia, 32–43. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.14282.
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279.
Muhajir. (2014). Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Nuryanto, A., & Resita, C. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang. JSPEED, 2(1), 1–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/2219/1715.
Prasetyo, I. B. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Muatan PPKn pada Tema 8 Subtema 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 279–285. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15465.
Prasetyo, I. D., & Sunarti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang Melalui Media Video. Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang Melalui Media Video, 12(1), 5–10. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/download/10210/7931.
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055.
Rani, A. R., & Syukur, Y. (2019). Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 3(2), 674 – 680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.54.
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24.
Sadiyah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar Gugus V Citeureup - Bogor Jawa Barat. Universitas Terbuka.
Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) dan Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.
Saraswatha, I. M. D., Japa, I. G. N., & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7015.
Sartika, R. P. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Laboratorium. EDUSAINS, 10(2), 197–205. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7376.
Schiefele, U. (1999). Scientific Studies of Reading Interest and Learning From Text. Scientific Studies of Reading, 3(February 2015), 199–205. https://doi.org/10.1207/s1532799xssr0303.
Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal PENJAKORA, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444.
Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397.
Steven RTerrell Ph D. (2014). Introduction to the Special Section of the Internet in Higher Education: The American Educational Research Association’s Online Teaching and Learning Special Interest Group. The Internet and Higher Education, 21, 59. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2014.01.001.
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini di masa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792.
Wahyudi, N., & Hartati, S. C. Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Roll Depan Kaki Tekuk dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 380–386.
Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2111.
Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517.
Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.
Widoretno, S., & Dwiastuti, S. (2019). Improving Students’ Thinking Skill Based on Class Interaction in Discovery Instructional: A Case of Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 347–353. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.20003.
Wisnu Budi Wijaya, I. K. (2019). Menanamkan Konsep Catur Paramita pada Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.