Evaluasi Program Pembelajaran Produktif Bidang Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.42248Kata Kunci:
evaluasi, pembelajaran produktif, ketenagalistrikanAbstrak
Sebagian besar lulusan sekolah menengah kejuruan belum bisa memenuhi kebutuhan dan tuntutan dunia usaha dan dunia industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara langsung evaluasi pelaksanaan program pembelajaran produktif bidang ketenagalistrikan di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi (evaluastion research). Penelitian ini terfokus pada aspek pelaksanaan program pembelajaran produktif Instalasi motor listrik yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti ,dan penutup. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran produktif tergolong pada kriteria baik. Artinya, pelaksanaan program pmbelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum terlaksana sesuai dengan standar proses yang ditetapkan. Hal ini terjadi karena rendahnya kompetensi. Perlu adanya tinjauan kembali dan perbaikan terhadap aspek-aspek yang belum terpenuhi di dalam pelaksanaan pembelajaran produktif yang dilaksanakan oleh guru dan juga dibutuhkannya peningkatan kompetensi pedagogik guru agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan mampu mencetak lulusan SMK yang berkompetensi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Referensi
Absor, N. F., Kurniawati, & Umasih. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 57 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 170–194. https://doi.org/10.21009/jps.082.05.
Ahyanuardi. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. 18(1), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.169.
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197.
Asmarayani, E., & Rahmayanti, H. (2020). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program Keahlian Teknik Furnitur pada SMK Negeri dI DKI Jakarta. JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional), 3(2), 101–120. https://doi.org/10.21009/JPTV.3.2.101.
Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568.
Endrizal, E. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.
Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala Pendidikan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i1.1480.
Hanim, F., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol.1(4), 752–757. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6246.
Haryani, A., & Sunarto, S. (2021). Manajemen dan Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan di SMK Negeri 2 Kebumen. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 438–447. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.8037.
Hidayati, A. (2010). Evaluasi Pemanfaatan Program Information Communication Technology (ICT) Menggunakan Model CIPP pada Sekolah Menengah di Kota Padang. Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 40–46. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2244.
Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620.
Mas, S. R., Daud, N. K. P., & Djafri, N. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p045.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.
Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 312–321. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578.
Nurhamidah.I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027.
Nurmansah, R., & Retnowati, T. H. (2020). The Evaluation of Heathy School Program at Junior High School Receiving the National Adiwiyata. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 146 – 155. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.25464.
Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [ The Effectiveness Of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City ]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811.
Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17397.
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434.
Setiyawan, B. A., Samsudi, S., & Basyirun, B. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Program Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10927.
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461.
Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.
Suardana, I. N., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 62 – 73. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32556.
Sugandini, W., Dewi Tarini, W., Espana Giri, K., & Nik Armini, L. (2018). Evaluasi Program Penilaian Pencapaian Kompetensi I (Ppk I) Dengan Model Content, Input, Proses, dan Product (Cipp). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 305. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16228.
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303.
Wahyuni, N., & Kristiawan, M. (2021). Pembelajaran Produktif Siswa UPT SMK Negeri 3 Muara Enim di Era Pandemi. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 124–132. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i2.135.
Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501.
Wibawa, K., Santiyadnya, N., & Indrawan, G. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kompetensi Keahlian Tiptl SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20216.
Widoyoko, S. E. P. (2013). Optimalisasi Peran Guru dalam Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 22(2), 1–12. http://ejurnal.veteranbantara.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/148.
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790.
Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545.
Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Yulia Efronia, Ahyanuardi Ahyanuardi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.