Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Menengah Pertama

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.43420

Kata Kunci:

Evaluation Program, Healthy School, CIPPO

Abstrak

Munculnya perilaku yang tidak sehat disebabkan oleh kebiasaan yaitu kurang bersihnya rumah, lingkungan masyarakat, dan sekolah. Lingkungan yang tidak sehat tentunya memberikan dampak buruk terhadap sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program sekolah sehat di SMP. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPPO (Context, Input, Process, Product, dan Outcome). Subyek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator program sekolah sehat, wali kelas, pengurus UKS, kepala perpustakaan. Teknik pengumpulan informasi data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data. Verifikasi/kesimpulan data serta uji validasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa komponen context sudah sesuai dengan teori-teori yang ada dan juknis dari pemerintah. Komponen input belum memenuhi standar pendidikan dan masih belum cukup menjawab kebutuhan yang diperlukan pada setiap program yang ada. Komponen process sudah sesuai dan dilaksanakan berdasarkan fungsi-fungsi manajemen, tetapi terdapat beberapa kendala. Komponen product sudah sesuai dengan yang diharapkan. Komponen outcome hampir memenuhi atau memadai.

Biografi Penulis

Getsi Novalin Takain, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

-

Referensi

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57 – 70. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057.

Arditama, E., & Lestari, P. (2020). Obstacles and Challenges of Indonesia’S Micro, Small and Medium Enterprises (Umkm) in Facing the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28610.

Armalena, A. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 89–100. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3023.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang Tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Hardiyanti, F., Madiastuti, M., & Hermawati, E. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Kelas 5 SDN Sugutamu Kota Depok. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 10(2). https://doi.org/10.32382/jmk.v10i2.1332.

Hermawati, B., Handayani, O. W. K., Mukti, F. A., & Wijayanti, A. (2020). Evaluasi Promosi Kesehatan Cuci Tangan dalam Pencegahan Covid-19. Jurnal Penelitian.

Hermiyanty, H., Salmawati, L., & Oktavian, F. (2016). Evaluasi Implementasi Program Sekolah Dasar Bersih dan Sehat di Kota Palu. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif/article/view/5814.

Isjuandi. (2017). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat (Studi Evaluatif Model CIPPO Pasca Pendidikan dan Pelatihan). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21009/JEP.082.04.

Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5(2), 179. https://doi.org/10.14421/ijds.050202.

Kantun, S. (2017). Penelitian Evaluatif sebagai Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan (Suatu Kajian Konseptual). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 1–15. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/3809/2973.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Mukaromah, D. R. S., & Rostyaningsih, D. (2016). Evaluasi Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Phbs) di Kelurahan Sarirejo Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(2), 971–987. https://doi.org/10.14710/jppmr.v5i2.11326.

Nurwaqidah, S., Suciati, S., & Ramli, M. (2020). Environmental Literacy-Based on Adiwiyata Predicate at JuniorHhigh School in Ponorogo. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(3), 405 – 412. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.12468.

Rahmawaty, E. (2019). Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Quality: Jurnal Kesehatan, 13(1), 28–35. https://doi.org/10.36082/qjk.v13i1.59.

Retnowati, R., & Laihad, G. H. (2020). Manajemen Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Sehat di SMP Islam Cendekia Cianjur (SICC) Boarding School. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 13–19. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1949.

Sakti, U. (2018). Arabic Language Learning Evaluation in Higher Education with Context Input Process Product (CIPP) Model. Alsinatuna, 4(1), 33. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v4i1.1591.

Setiawan, W. (2021). Matematika pada Sekolah Dasar di Era Pandemi. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 12–22. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/888/509.

Sudrajat, D., & Nurdiansyah, D. H. (2017). Peranan Program CSR Perbankan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Karawang. Jurnal MANAJERIAL, 16(1), 13. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10436.

Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790.

Winarni, L. M., Judistiani, T. D., Ruslami, R., Husin, F., Sutedja, E., & Herawati, D. M. D. (2014). Penggunaan Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan. Indonesian Journal of Education and Midwifery Care, 1(1). https://doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.77.

Yeni, D. I., Wulandari, H., & Hadiati, E. (2020). Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini: Studi Evaluasi Program CIPP. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.9.

Zubaidah, S., Ismanto, B., & Sulasmono, B. (2017). Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 72–82. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p72-82.

Diterbitkan

2022-04-25

Cara Mengutip

Takain, G. N., & Iriani, A. . (2022). Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Menengah Pertama. Mimbar Ilmu, 27(1), 162–172. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.43420

Terbitan

Bagian

Articles