SUBSTANSI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI ERA GLOBALISASI

I Wayan Treman

Abstract


Secara global materi geografi telah masuk dalam kurikulum pembelajaran mulai dari tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi. Dalam pembelajaran dan pemahaman substansi geografi masih belum ada kesamaan persepsi dalam sistem pembelajaran geografi. Perlu penguatan fundamental geografi dan peningkatan substansi geografi berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam menghadapi era global. Geografi harus lebih menunjukkan jati diri sebagai ilmu dan mencetak bench marking yang merupakan harapan kompetensi lulusan pendidikan geografi di masa yang akan datang. Upaya pengentasan ketertinggalan geografi di Indonesia dengan menunjukkan jati diri geografi, pemikiran kompetensi dasar, merumuskan indikator pencapaian hasil belajar dan penyusunan materi substansi geografi pokok bagi pendidikan geografi untuk segala tingkatan.

Kata-kata Kunci : Substansi Geografi, Globalisasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mkfis.v10i1.1172

Article Metrics

Abstract view : 515 times
PDF file view : 934 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Komunikasi FIS  indexed by:


 Crossref  

Creative Commons License

Media Komunikasi FIS  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.