PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN I BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Main Article Content

Ni Luh Gede Erni Sulindawati

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam mata kuliah akuntansi Keuangan I : (1) dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa,(2) kendala-kendala yang ditemui, (3) solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala-kendala,(4) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (5) dapat meningkatkan profesionalisme dosen dalam mengajar. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka model pengembangan perangkat pembelajaran Instructional Development Model (ID Model) dengan Subyek yang dilibatkan adalah Dosen pengajar mata kuliah dan mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Hasil pengembangan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, (2) Ditemukan beberapa kendala yang ditemui mahasiswa dalam pemanfaatan perangkat pembelajaran, (3)Terhadap kendala – kendala yang ditemui sudah ditemukan solusi-solusi yang digunakan, (4)Pemanfaatan perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (5) hasil pengembangan dapat dimanfaatkan dalam peningkatan profesionalisme dosen dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, dan Akuntansi Keuangan

ABSTRACT

This study aimed at knowing the result of developing learning equipment for Intermediate Accounting I, whether: (1) It can improve the learning activity of the students, (2) There were problems faced by the students, (3) There were solution to solve the problems, (4) It can increase the students’ achievement, (5) It can evolve the lecturers’ teaching professionalism. The learning equipment was developed by using Instructional Development Model (ID Model). The lecture of this course and the students of Accounting Department of Undiksha were involved in this study as the subject. The result of this study was: (1) the development of learning equipment increased the students’ learning activity, (2) There were problems faced by the students in using this equipment, (3) There were solution for those problems, (4) It increased the students’ achievement, (5) It evolved the lecturer’s teaching professionalism.

Keyword: Learning Equipment, and Intermediate Accounting.

Article Details

Section
Articles